Cari Blog Ini

Jumat, 12 Januari 2024

6 Langkah Meraih Prestasi Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja terkadang hanya dipandang sebelah mata. Sebagian memandang tenis meja hanya dijadikan cara untuk menghabiskan sedikit waktu di garasi rumah maupun di halaman bersama tetangga di komplek. Padahal di beberapa tempat, tenis meja dapat menghasilkan prestasi dan menambah pundi-pundi cuan jika juara.

Jika kita ingin bermain tenis meja dengan orientasi prestasi (tidak hanya sekadar hobi), segera ambil bet dan mulailah mempelajari langkah-langkahnya.

Langkah 1:  Belilah bet yang berkualitas baik

Kita membutuhkan bet dengan bagian kepala yang baik, yang memungkinkan penempatan sebagian besar atau seluruh kekuatan pegangan. Jika kita adalah seorang pemula, pilihlah bet yang memang dirancang untuk memukul dengan pelintiran yang lebih sedikit dan kecepatan yang lebih rendah pada bola-bola yang sulit dikembalikan (khusus untuk pemula). Jika telah siap untuk tahap berikutnya, belilah bet dengan jenis kecepatan sedang hingga tinggi yang memiliki kontrol maksimal dan dirancang untuk memberi penekanan pada teknik bermain. Jangan mudah tergiur dengan promosi yangenggoda, jika perlu konsultasikan dulu kepada teman yang lebih paham.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/tips-memilih-bet-tenis-meja-terbaik.html?m=1

Tahap 2: Mulailah bermain dalam posisi siap

Tubuh kita harus seimbang, relaks dan siap bergerak ke arah manapun saat bermain. Setelah sesaat melakukan pukulan, kita harus berusaha kembali ke posisi siap. Pastikan lengan yang aktif siap untuk memukul bola kembali. Jika kita dominan pukulan forehand yang dikuasai, berdirilah sedikit di sisi kiri. Dan sebaliknya jika dominan menguasai pukulan backhand, secara umum berdirilah sedikit di sisi kanan dengan kaki kiri sedikit lebih maju.

Langkah 3: Bersiaplah untuk bergerak dengan cepat

Bola dapat bergerak ke arah manapun dengan cepat, tergantung arah pukulan lawan. Jika kita berdiri dalam posisi siap, kita akan memiliki kecepatan fisik yang siap untuk menjangkau bola. Pemain yang cepat dan lincah akan sulit dikalahkan. Jagalah kebugaran tubuh dengan baik dengan melakukan olahraga berlari dan sedikit peregangan yang dinamis sebelum bermain, sebagai pemanasan dan untuk mempersiapkan refleks tubuh.

Langkah 4: Arahkan pukulan ke sudut meja

Jika kita berhasil mengarahkan bola ke sebuah sudut meja lawan, pemain yang berpengalaman pun akan mengalami kesulitan dalam mengembalikannya. 

Langkah 5: Pertahankan pengembalian bola yang rendah, dengan posisinya berada sedikit saja di atas net

Makin rendah bola saat melampaui net, maka makin sulitlah lawan untuk menyerang balik dengan sudut-sudut yang bagus. Selain itu, makin sulit pulalah lawan untuk memukul balik bola itu dengan keras.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/05/tips-meningkatkan-skill-bermain-tenis.html?m=1

Langkah 6: Evaluasi kesalahan kita

Lakukan evaluasi terhadap kesalahan terdahulu. Perbaiki, latih dan implementasikan saat bermain dengan tanpa mengulangi kesalahan-kesalahan yang dapat merugikan diri sendiri. Kita tidak tahu kesalahan sendiri? Minta nasehat teman atau pelatih agar kita bisa memperbaiki blindspot tersebut. Jangan lupa, pahami peraturannya, sebelum bergabung dalam permainan tenis meja yang kompetitif.

Semoga artikel ini dapat membantu, tetap semangat rajin berlatih.

Semangat sehat dan salam 🏓

2 komentar:

  1. Terima kasih, sangat bermanfaat. Salam olahraga n sukses selalu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 om, terimakasih sdh mampir dan support terbaiknya 🙏

      Hapus