Cari Blog Ini

Jumat, 26 Mei 2023

Apa Itu Walkover dan Retired dalam Tenis Meja?

 

Apa Itu Walkover dan Retired dalam Tenis Meja?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Penyelenggaraan sebuah event kompetisi seperti turnamen tenis meja, tentu mempunyai peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh penyelenggara pertandingan (EO/ Event Organizer).
Namun setiap penyelenggara mempunyai aturan yang berbeda satu sama lain. Teknikal meeting untuk penentuan kelas, undian pool,  jam bertanding dan keputusan WO pun tidak ada yang baku.

Seringkali kita jumpai penyelenggara pertandingan (EO) tidak disiplin menerapkan jam pertandingan yang sudah disepakati pada saat teknikal meeting, hal ini mengakibatkan jam pertandingan menjadi molor. Ini dikarenakan tidak diterapkannya time table.

Apa itu Time Table?
Time table adalah suatu daftar waktu mengenai kapan suatu kegiatan akan dilakukan, terutama terkait waktunya. Dalam bahasa Indonesia, time table bermakna serupa dengan schedule yang artinya jadwal.
Dalam kaitannya dengan pertandingan Tenis Meja, Time Table tentu bisa diartikan sebagai jadwal pertandingan sesuai waktu yang sudah ditentukan sebelumnya oleh panitia.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/time-table-tenis-meja-dan-liga-takasi.html?m=1

Walk Over (WO)
Istilah Walk Over dikenal juga dengan sebutan WO. Biasanya WO diterapkan terhadap pemain yang tidak hadir.
Jika saja EO menerapkan Time Table dan disiplin waktu dalam penyelenggaraannya, WO bisa diterapkan terhadap pemain yang tidak hadir atau tidak ada di tempat saat jam pertandingan.
Jika setelah dipanggil belum ada, maka akan ditunggu hingga 15 menit kedepan. Lebih dari 15 menit bisa dipastikan akan terkena WO.

Retired
Retired adalah keputusan tidak bisa melanjutkan pertandingan. Artinya, seorang pemain sudah bermain dan hadir di lapangan, namun tidak bisa melanjutkan laga karena faktor tertentu, seringnya akibat cidera.

Semoga para penyelenggara pertandingan (EO) kedepan dapat menerapkan Time Table, sehingga tidak ada lagi jam bertanding yang molor.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar