Cari Blog Ini

Selasa, 16 Mei 2023

Legenda Tenis Meja Indonesia

 

Legenda Tenis Meja Indonesia

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Salah satu jenis olahraga yang paling banyak digemari masyarakat di Indonesia adalah pingpong atau tenis meja. Olahraga merakyat ini banyak melahirkan pemain-pemain berbakat dan melegenda. Legenda lokal daerah pasti kalian hafal dengan personalnya, namun untuk legenda Indonesia karena prestasinya yang mendunia hanya ada beberapa saja.

Dalam sejarah dunia olahraga Indonesia, tercatat 5 nama  atlet  tenis meja lokal yang kini telah menjadi legenda dunia. Para pemain tersebut telah membuat Bangsa Indonesia bangga akan prestasinya.
Atlet tenis meja lokal yang telah mengharumkan nama negara Indonesia karena prestasi dunianya diantaranya:

1. Abdul Rojak
Salah satu atlet tenis meja  Indonesia yang telah berlaga pada turnamen internasional di Sarajevo, tepatnya pada tahun 1973 ini telah mengharumkan nama Bangsa Indonesia. Bahkan di setiap kejuaraan tenis meja yang diikuti oleh Bangsa Indonesia, Abdul Rojak selalu masuk menjadi tim inti.

Prestasi terbaik yang pernah dicatat oleh atlet tenis meja lokal Indonesia Abdul Rojak ini adalah menjadi peringkat ke-11 dalam pertandingan Table Tennis Championships pada tahun 1984. Setahun kemudian setelah dirinya menjadi peringkat ke-11, Abdul Rojak memenangkan medali emas ganda putra pada Sea Games 1985.

2. Sugeng Utomo Suwindo
Atlet asal Banyuwangi ini sama seperti karir Abdul Rojak. Sugeng Utowo Suwindo pernah menempati peringkat ke-16 juara dunia. Kemudian pada tahun 1969, Sugeng masuk dalam peringkat 10 besar dunia.

Sugeng Utomo Suwindo juga pernah masuk dalam 5 besar tunggal dalam pertandingan Asian Table Tennis Championships.

3. Anton Suseno
Pemain tenis meja asal Indramayu ini dikenal sebagai atlet yang sering menggunakan gaya bertahan/ defensif. Anton Suseno telah memulai karirnya sebagai atlet tenis meja setelah sukses menjadi juara di pertandingan Tenis Meja Swedia.

4. Rossy Pratiwi Dipoyanti Syechabubakar
Atlet tenis meja lokal Indonesia lainnya yang telah menjadi legenda dunia selanjutnya adalah Rossy Pratiwi Dipoyanti Syechabubakar.
Prestasi yang diukir atlet asal Bandung, Jawa Barat ini mengumpulkan 13 medali emas, 8 medali perak, dan 8 medali perunggu sepanjang kariernya periode tahun 1987–2001 pada Pesta Olahraga Asia
Peringkat dunia ke-17 pernah diraihnya, tercatat pada 29 Juli 1992.

5. David Jacobs
Atlet para tenis meja Indonesia ini juga tercatat sebagai Legenda seperti halnya para seniornya.
David Jacobs mempersembahkan prestasinya kepada Indonesia pertama kali pada pertandingan  tenis meja nomor 10 tunggal putra. David Jacobs juga sukses menjadi juara dalam Asean Games tahun 2018. David Jacobs telah meraih medali emas dalam kejuaraan Asean Games

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/legenda-tenis-meja-indonesia-david.html?m=1

Beliau-beliau sangat layak mendapatkan apresiasi lebih atas prestasi-prestasinya yang telah mengharumkan Bangsa Indonesia di level dunia.

Tidak mudah untuk mencapai puncak prestasi, harus melalui mimpi dan kerja keras.
Berpikir positif, karena cara berpikir akan merubah tindakan.
Tindakan akan merubah kebiasaan dan kebiasaan akan merubah karakter, sedangkan karakter akan merubah kenyataan.

Semoga kedepan akan lahir legenda-legenda baru. Namun
apapun situasi dan kondisi saat ini, kita harus selalu berpikir positif, bersyukur atas segalanya dan jangan lupa selalu optimis.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar