Cari Blog Ini

Kamis, 11 Mei 2023

Cara Merawat Raket / Bet Tenis Meja

 

tenis meja adalah

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Tenis meja adalah olahraga yang memerlukan bet / blade sebagai alat pemukul dalam bermain, selain peralatan yang lain.
Mengingat saat ini harga bet tenis meja terbilang tidak murah, perawatan menjadi prioritas terhadap bet (kayu dan karet) agar bet kesayangan tidak rusak seperti  kayunya terkelupas atau karet menjadi keras.

Karet tenis meja terdiri dari dua jenis, karet alami dan sintetis dan dibentuk melalui serangkaian proses, baik fisik maupun kimia. Proses kimia untuk pewarnaan, pemanasan, pemompaan suatu gas, dan penambahan filler atau pengisi untuk penguat karet agar memiliki kemampuan pakai atau fungsi tertentu.

Proses tersebut dapat mempengaruhi beberapa kondisi yang dapat merubah atau menurunkan sifat karet bet tenis meja, dengan demikian akan menurunkan kualitasnya. Kondisi yang mempengaruhi penurunan kualitas diantaranya kelembaban, suhu, atau cairan tertentu. 

Agar kayu terhindar dari splinter saat bongkar pasang karet, sebaiknya kayu dilapisi terlebih dahulu dengan protektive coating. Protective coating ini juga dapat menjaga kayu blade kita menjadi lebih awet.

Cara merawat karet bet tenis meja agar tetap awet atau tahan lama, diantaranya:

Simpan bet di tempat yang kering

Karena kebanyakan bet bahan utamanya terbuat dari kayu dan karet, sebaiknya hindari disimpan di tempat yang terlalu lembab. Karena kondisi lembab  dapat mengoksidasi karet bet tenis meja, bahkan bisa merubah bentuk permukaan karet.

Hindari sinar matahari langsung

Sinar matahari dan suhu yang tinggi  dapat merusak unsur-unsur atau merubah dari sifat karet tenis meja. Hindarkan karet bet dari paparan sinar matahari dan simpan di tempat kering tetapi tidak pada suhu tinggi ataupun lembab.

Bersihkan bet setelah selesai bermain

Biasakan membersihkan bet setiap selesai bermain, terutama bagian karetnya. Debu atau noda minyak yang menempel pada permukaan karet jika tidak dibersihkan dapat merusak atau menurunkan sifat spin pada karet tersebut.

Cara membersihkan bisa menggunakan cairan pembersih.
Oleskan secara merata ke permukaan bet, kemudian keringkan menggunakan lap/ kain halus dengan satu arah.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/apa-saja-peralatan-yang-digunakan-untuk.html?m=1

Beberapa tips merawat bet di atas dapat menjadikan bet menjadi lebih awet. Namun meskipun cara-cara di atas dilakukan dengan disiplin sekalipun, tetap saja dalam waktu tertentu atau beberapa tahun kemudian, jenis karet bet tenis meja (baik alami maupun sintetis) akan mengalami penurunan kualitas dan membutuhkan penggantian untuk mendukung kualitas permainan.

Rawatlah peralatan tenis meja yang kita punya, dengan kualitas peralatan yang baik akan mempunyai pengaruh guna mendukung performa permainan kita.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar