Cari Blog Ini

Selasa, 30 Mei 2023

Sportifitas Pemain Tenis Meja Sebagai Bagian Pembentukan Karakter Generasi Muda

 

Sportifitas Pemain Tenis Meja Sebagai Bagian Pembentukan Karakter Generasi Muda

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Sportifitas dalam olahraga tenis meja, pada hakikatnya adalah miniatur kehidupan, dimana esensi-esensi dasar kehidupan manusia dalam keseharian dapat dijumpai pula dalam olahraga tenis meja. Bermain tenis meja mengajarkan kedisiplinan, jiwa sportif, tidak mudah menyerah, jiwa kompetitif yang tinggi dan semangat bekerjasama.

Jiwa sportif harus dijunjung tinggi dan harus melekat pada setiap pemain, bahwa lawan bertanding adalah kawan bertanding yang diikat oleh cabang olahraga yang sama, yaitu tenis meja.
Sikap sportif menjadi landasan  pembentukan mental, dan selanjutnya mental menjadi landasan perilaku.

Sebagai olahraga kompetisi, menyebut lawan jika di arena pertandingan, di luar arena tetap menjadi kawan yang bisa saling berbagi, saling support dalam hal kebaikan.

Pada konsep moral, sportif merupakan penghargaan terhadap lawan, dimana masing-masing pemain memandang lawan sebagai mitranya.
Nilai sportif merupakan rujukan perilaku bagi pemain dan menjadi pedoman hidup dalam kehidupan bermasyarakat. Sportifitas atau fairplay merupakan  nilai inti dari olahraga dalam upaya pembentukan generasi muda sebagai pemain tenis meja yang berkarakter.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/cara-menciptakan-pemain-tenis-meja.html?m=1

Perkembangan psikososial dan hasil kesehatan bagi atlet muda tidak hanya menjadi dewasa secara fisik, tetapi juga secara kognitif dan sosial. Mengatur emosi dan mengevaluasi resiko situasional selama masa remaja harus mampu dikembangkan. Atlet muda lebih mempertimbangkan konsekuensi dari perilaku mereka dalam konteks olahraga dibanding pemuda pada umumnya, karena sudah dibekali mental dan sportifitas.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar