Cari Blog Ini

Selasa, 02 Mei 2023

Mengapa Pemain Tenis Meja Tidak Diperbolehkan Berpakaian Warna Putih?

 


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Para pemain tenis meja yang berlaga di lapangan tak hanya menarik perhatian dari teknik permainannya saja. Tak jarang fashion atau gaya busana maupun asesoris yang dipakainya juga menjadi perhatian penonton.
Baju olahraga yang dipakai para pemain sangat beragam, baik dari bahan maupun warnanya, tetapi jarang sekali kita melihat pemain tenis meja dengan baju berwarna putih.

Tahukah baju warna putih tidak diperbolehkan dipakai ketika mengikuti kompetisi?
Bukan tanpa alasan, baju dengan warna putih akan kontras dengan warna bola, sehingga bagi pemain dan wasit akan mengalami kesulitan dalam memantau bola dan mengambil keputusan. Namun jika memakai bola berwarna orange seperti pada masa yang lalu, baju yang dilarang dipakai tentu yang kontras dengan warna bola, yaitu warna orange. Namun pada kompetisi skala kecil di semua itu kembali lagi kepada panitia penyelenggara.

Pada cuaca panas seperti saat ini, hindari memakai pakaian berlapis, karena tubuh akan jadi semakin panas. Warna putih adalah warna paling baik untuk memantulkan panas, sehingga terasa lebih sejuk jika dipakai. Namun karena dilarang memakai pakaian berwarna putih, ada beberapa pilihan warna yang lumayan sejuk dipakai berdasarkan warna. Seperti kita tahu, objek memantulkan energy radiasi dari matahari pada tingkat yang berbeda tergantung dari warna. Energi yang tidak dipantulkan diserap dalam bentuk panas, dan oleh karenanya benda dengan warna pantul yang lebih tinggi akan terasa lebih dingin/ sejuk.  Warna paling baik dipakai selain putih berdasarkan urutan adalah warna kuning, abu-abu, merah, ungu, biru, hijau, hijau tua dan hitam pada urutan terakhir (semakin berwarna gelap akan semakin menyerap panas).

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/tenis-meja-dan-bahaya-fashion.html?m=1

Saya pribadi merekomendasikan untuk mengenakan pakaian berwarna kuning, abu-abu dan merah yang memiliki reflektansi relatif tinggi untuk mensiasati cuaca panas seperti saat ini. Boleh percaya boleh tidak, dan bisa dilakukan eksperimen.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar