Cari Blog Ini

Senin, 15 Mei 2023

Tujuan Dan Manfaat Latihan Tenis Meja (Table Tennis Training)

 

Tujuan Dan Manfaat Latihan Tenis Meja (Table Tennis Training)

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Untuk mencapai sebuah prestasi terbaik, seorang atlet dituntut berlatih sekuat tenaga .
Syarat mutlak meningkatkan suatu keterampilan teknik sampai menuju puncak prestasi adalah dengan berlatih. Latihan merupakan salah satu faktor pendukung dalam upaya mencapai puncak keberhasilan seorang atlet. 

Latihan tentu harus disesuaikan dengan umur dan kemampuan dari seorang atlet. 
Diperlukan adanya data keterampilan teknik, data pencapaian hasil uji fisik dan lain-lain dari sang atlet sebagai dasar dalam penyusunan program latihan yang akan disesuaikan dengan prinsip-prinsip latihan.

Lantas, apakah latihan itu?
Latihan atau Training adalah suatu proses pengulangan gerak yang dilakukan secara sistematis, terus-menerus, bertahap, porsi meningkat teratur dengan tujuan mencapai prestasi maksimal.

Latihan yang sistematis merupakan pelatihan yang dilaksanakan secara teratur, terencana, terjadwal, terpola dan tersistem yang berkesinambungan dari gerakan sederhana menuju gerakan yang lebih kompleks.

Gerakan pukulan yang dipelajari harus dilatih secara berulang-ulang agar gerakan yang semula terasa sulit dilakukan dan masih kaku, menjadi koordinasi gerakan yang  terasa lebih mudah, efisien, otomatis dan reflektif dalam pelaksanaannya. Dengan demikian pola serta koordinasi gerak menjadi semakin halus sehingga semakin menghemat energi.

Apakah tujuan dari latihan itu sendiri?
Latihan bertujuan untuk membantu atlet dalam meningkatkan keterampilan dan prestasinya secara maksimal.

Latihan yang terprogram dengan baik dan benar  dapat mengembangkan bakat atlet. Jika latihan dilaksanakan dengan disiplin tinggi, tidak hanya melahirkan atlet berprestasi tetapi akan terbentuk atlet yang berkarakter tangguh dan penuh tanggung jawab.

Apakah manfaat latihan?
Latihan terprogram diharapkan dapat meningkatkan performa terbaik dari sang atlet, baik secara fisik maupun mental sehingga terbentuk atlet yang tangguh dan tahan mental dengan karakter dan disiplin tinggi.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/bermimpilah-dalam-berlatih-tenis-meja.html?m=1

Baik buruknya proses latihan dan program latihan akan berpengaruh terhadap tinggi rendahnya prestasi atlet.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar