Cari Blog Ini

Rabu, 03 Mei 2023

Tips Memilih Set Up Bet Tenis Meja

 

Tips Memilih Set Up Bet Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Peralatan yang wajib ada dalam olahraga tenis meja adalah Bet sebagai alat pemukul, selain perlengkapan utama yang lain seperti meja, jaring atau net, dan bola. Tanpa peralatan tersebut, olahraga tenis meja tidak dapat dimainkan.

Pada jaman dahulu tepatnya di era 1880-an, buku atau kulit binatang dijadikan sebagai alat pemukul pada permainan tenis meja atau pingpong.

Permainan tenis meja terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.
Kayu yang sudah diasah dan dilapisi dengan selembar karet menjadi alat pemukul dalam permainan tenis meja sejak tahun 1901.

Pada era modernisasi seperti sekarang ini, bahan bet terdiri dari 85 persen kayu dengan bagian daun bet dibuat datar. Ukuran bet tenis meja pada umumnya dengan panjang sekitar 25 cm (sudah termasuk grip/ pegangan), lebar 15 cm dan berat 150 gram.
Sedangkan untuk ketebalan karet pada bagian yang digunakan untuk memukul bola maksimum 2 mm.

Karena merupakan bagian yang digunakan untuk memukul bola, karet menjadi bagian yang sangat penting.
Karet inilah yang paling dominan menghasilkan kualitas putaran bola dari berbagai teknik pukulan yang dilakukan dalam permainan tenis meja.

Bagaimana cara memilih set up bet (alat pemukul) agar kualitas permainan semakin baik?
Sebelum memilih, bertanya atau minta pendapat sebagai referensi kepada teman yang lebih paham atau lebih berpengalaman tentang peralatan tenis meja.
Lakukan percobaan memakai karet yang sekiranya cocok dengan karakter bermain. Jika sudah merasa cocok, mantapkan dan asah terus keterampilan dengan berlatih secara teratur dalam jangka waktu yang lama. Jangan terlalu sering berganti karet dengan karakter yang berbeda, karena hanya akan menyibukkan diri untuk beradaptasi dan tidak fokus meningkatkan keterampilan. Tentukan target untuk memonitor progres selama menjalani latihan.

Bagi pemain pemula (pendatang baru-red), terkadang ketika awal membeli bet/ blade mayoritas asal beli, karena faktor ketidaktahuan. Kayu dengan kualitas kurang standar dengan karet bawaan yang sudah menempel. Bet ini tentu kurang maksimal jika dipakai untuk berlatih. 

Saran saya, belilah bet secara terpisah antara kayu dan karetnya. Konsultasi dulu dengan teman yang paham dengan alat dan fungsinya. Pelayan toko olahraga terpercaya juga biasanya dapat dimintai pendapat, tetapi minta referensi dulu dari teman yang berpengalaman toko mana yang dinilai recomended.

Seiring berjalannya waktu, untuk meningkatkan skill bermain biasanya pemain juga melakukan upgrade set up guna mendukung performa permainan. Betul bahwa alat hanyalah sebagai pendukung, skill lah yang dominan. Namun jika kita tidak memakai alat yang sesuai dengan skill dan karakter bermain, percayalah performa bermain kita tidak maksimal.

Kebanyakan pemain tenis meja tidak pelit ilmu, bertanya dan diskusilah dengan sesama penghobi untuk hal teknis atau hal lain tentang tenis meja.
Yakinlah, proses tak akan pernah mengkhianati hasil.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/karet-tenis-meja-spons-tebal-maximum.html?m=1

Jika ingin menambah wawasan khusus seputar tenis meja, baca dan buka saja artikel di google dengan cara ketikkan:
site:kasmonomonex.blogspot.com


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar