Cari Blog Ini

Rabu, 24 Mei 2023

Sayuran Ini Mempunyai Efek Samping Jika Dimakan Berlebihan, Pemain Tenis Meja Wajib Tahu!!

 

Sayuran Ini Mempunyai Efek Samping Jika Dimakan Berlebihan, Pemain Tenis Meja Wajib Tahu!!

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Makanan terbaik untuk kesehatan adalah sayuran. Namun beberapa sayuran mempunyai efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.
Vitamin, mineral, hingga serat adalah nutrisi yang banyak terkandung pada sayuran. Ahli gizi selalu menganjurkan mengonsumsi sayuran karena memang banyak manfaatnya.

Memperlancar sistem pencernaan, menghindarkan dari berbagai penyakit, hingga mempermudah penurunan berat badan adalah beberapa manfaat jika kita mengonsumsi sayuran secara tidak berlebihan. Jika berlebihan, tentu akan ada efek samping pada kesehatan.

Beberapa sayuran yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan.

Kentang
Kentang sering dijadikan sebagai pengganti nasi saat diet, karena kaya akan asupan karbohidrat.

Namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan tidak baik terhadap kesehatan. Kentang merupakan sayuran bertepung dengan kandungan karbohidrat tinggi, sehingga agak sulit dicerna, dapat menyebabkan rasa kembung dan gelisah. Indeks glikemiknya juga tinggi, sehingga dapat menyebabkan gula darah dan insulin melonjak.

Kacang Polong
Mengonsumsi kacang polong secara berlebihan berakibat meningkatnya kadar vitamin K dalam tubuh yang dapat meluruhkan kandungan kalsium pada tubuh. Kondisi ini menyebabkan produksi asam urat berlebih.

Jagung
Jagung juga sering dijadikan sebagai menu makan bagi pelaku diet. Jagung mengandung serat dengan jumlah yang banyak, tapi kandungan gula dan karbohidratnya sangat tinggi. Jika terlalu banyak mengonsumsi jagung justru bisa menaikkan berat badan dan berisiko terkena diabetes.

Brokoli dan kembang kol
Sayuran jenis ini terdapat kandungan gula kompleks, yang membutuhkan waktu untuk dicerna.
Jika dikonsumsi berlebihan dapat mengganggu pencernaan dan menyebabkan kembung.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/usai-lebaran-yuk-bakar-lemak-dengan.html?m=1

Selain menguasai teknik bermain, pemain tenis meja juga wajib menjaga stamina dan tahu cara menjaga pola makan. Dengan pola makan yang benar, pemain akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan sehingga akan mengurangi kesiapannya dalam bermain. Tenis meja tidak hanya bicara masalah teknik dan cara bermain, namun kesehatan tubuh adalah yang paling penting diperhatikan.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar