Cari Blog Ini

Jumat, 19 Mei 2023

Ciri-Ciri Klub Tenis Meja (PTM) Sehat

 

Ciri-Ciri Klub Tenis Meja (PTM) Sehat

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Dalam kehidupan sehari-hari, kita sebagai mahluk sosial tidak akan pernah jauh dari yang namanya organisasi. Organisasi merupakan sekumpulan orang yang ingin mencapai tujuan yang sama. Organisasi dapat kita temukan dimana saja, termasuk pada olahraga dan tak terkecuali pada cabang olahraga tenis meja / pingpong.

Dengan bergabung menjadi anggota pada sebuah Persatuan Tenis Meja (baca: PTM), otomatis para anggota akan diberikan tugas-tugas sehingga kita berkontribusi secara efektif untuk beberapa tujuan yang jelas. Tujuan dari PTM adalah untuk mengkoordinasikan kegiatan dari berbagai anggota yang tergabung di dalam PTM  untuk mencapai tujuan. 

PTM sebagai wadah anggota yang mempunyai visi dan misi yang sama berfungsi untuk meningkatkan kemampuan dan skill dari anggotanya. PTM sangat memerlukan adanya arahan dan aturan yang jelas, guna memberikan dampak yang baik untuk lingkungan sekitar maupun PTM itu sendiri. Oleh karena itu sebuah PTM haruslah menjadi suatu kelompok yang arah dan tujuannya bersifat positif.
Sering kita temukan sebuah PTM yang arah dan tujuannya tidak jelas yang berdampak negatif untuk para anggota maupun lingkungan sekitar. Namun tak sedikit pula PTM yang sudah matang dengan kategori baik.

PTM yang sehat memiliki ciri-ciri identitas yang jelas seperti memiliki karakteristik abadi, berkontribusi pada keunikan dan kekhasan PTM tersebut, seperti nama, latar belakang berdiri, alamat yang jelas, dan logo PTM yang jelas.

Memiliki susunan kepengurusan yang jelas.
PTM yang sehat memiliki pimpinan atau pengurus dan seksi-seksi yang bertanggung jawab dan amanah. Masing-masing seksi harus aktif menjalankan peran dan tanggung jawabnya sehingga tercipta PTM yang mumpuni dan dapat mencapai tujuan dengan baik dan arah yang jelas. 

Mempunyai anggota dengan kualitas dan identitas jelas.
Sudah disebutkan di atas, PTM memiliki anggota yang bekerja sama untuk mencapai tujuan dengan cara-cara tertentu. PTM yang baik harus memiliki anggota yang memiliki kualitas dan kapasitas. Oleh karena itu didalam perekrutan anggota, akan diseleksi mana yang berkompeten dan mampu menjalankan tugas dan fungsinya.

Memiliki integritas yang tinggi
PTM yang sehat harus mengutamakan integritas. Agar para anggota bisa saling percaya dan dapat menjalin komunikasi yang baik maka nilai-nilai integritas sangat penting untuk dijalankan, sehingga menjadi penting membangun integritas sejak dini yang nantinya akan bermanfaat bagi diri sendiri maupun PTM.

Bermanfaat bagi lingkungan sekitar
Ciri PTM yang sehat tidak hanya memberikan manfaat bagi para anggotanya, tetapi juga mempunyai manfaat yang positif bagi lingkungannya. Aktivitas PTM harus menyatu kepada kebutuhan anggotanya, bahkan untuk lingkungan sekitarnya agar manfaatnya benar-benar dapat dirasakan serta dapat diakui dan dapat diterima oleh masyarakat sekitar.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/03/pentingkah-attitude-bagi-pemain-tenis.html?m=1

Pemain tenis meja mempunyai kebebasan memilih PTM mana yang sekiranya dirasa cocok. Menjadi hal biasa dalam olahraga bahwa pemain bisa berpindah-pindah klub, tentu harus mengikuti peraturan yang ada secara umum induk organisasi maupun internal klub.

Jika mengacu kepada lisensi profesionalitas, maka sebuah klub harus memenuhi beberapa syarat seperti sporting, infrastructure, personnel and administrative, legal dan finansial.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar