Cari Blog Ini

Kamis, 25 Mei 2023

Sebelum Bertanding, Apa yang Harus Dipersiapkan Pemain Tenis Meja?

 

Sebelum Bertanding, Apa yang Harus Dipersiapkan Pemain Tenis Meja?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Agar performa maksimal pada saat bertanding, perlu adanya persiapan dan strategi khusus.
Tetapi latihan rutin saja tak cukup bagi atlet yang akan bertanding. Apa saja yang penting untuk dipersiapkan oleh seorang atlet tenis meja?

Persiapan atlet harus dilakukan 80 persen sebelum bertanding. Sejak jauh-jauh hari persiapan sudah harus dimulai, dari pemenuhan gizi hingga perencanaan latihan.
Kebutuhan gizi yang harus dikontrol, yaitu asupan karbohidrat, protein dan cairan tubuh.

Idealnya, atlet harus makan lengkap dengan gizi seimbang 3-4 jam sebelum pertandingan. Ada juga yang menyebut bahwa atlet harus makan lengkap 1 jam sebelum bertanding, tetapi menurut banyak kalangan hal tersebut kurang tepat.

Cairan dan sumber energi tambahan juga tak boleh diabaikan ketika bertanding, harus mencukupi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini ditujukan agar performa atlet ketika bertanding tetap prima.

Durasi pertandingan juga perlu kita perhatikan, di bawah satu jam atau lebih. Jika durasi di atas satu jam, perlu pemberian tambahan energi, jika perlu minum juga minuman suplemen agar performa tetap terjaga. Minumlah setiap lima belas menit sekali, karena cairan juga sangat penting bagi tubuh kita.

Yang paling penting bagi atlet guna menunjang performa adalah asupan protein yang memadai.
Karena protein merupakan salah satu zat gizi penting yang berperan mendukung peningkatan massa otot, mendukung proses pemulihan sel-sel otot, dan sebagai bahan pembentuk sel imun sehingga akan mengoptimalkan performa dan daya tahan atlet  saat bertanding.

Semua itu pastinya sudah diformulasikan dan disiapkan oleh ahli gizi melalui serangkaian uji laboratorium guna mendukung sang atlet untuk berprestasi.

Hal ini berlaku juga buat kita  yang hanya sebagai penghobi atau pemain amatir, karena memang asupan protein yang baik akan meningkatkan performa bermain tenis meja sekaligus mencegah tubuh kehilangan massa otot.

Jangan Lupakan Proses Recovery!
Jadwal latihan yang sangat padat jangan menjadikan atlet mengabaikan proses recovery atau pemulihan.
Selain konsumsi protein seimbang yang disiapkan ahli gizi, istirahat (tidur) berkualitas juga menjadi hal yang sangat penting. Diharapkan keesokan harinya atlet sudah fit 100% lagi dan siap berkompetisi kembali.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/03/kualitas-massa-otot-dan-tenis-meja.html?m=1

Recovery yang buruk akan sangat memengaruhi performa atlet di lapangan. Bisa saja bermain di  babak penyisihan lebih keren daripada saat bermain di final. Tetapi ini biasanya terjadi hanya pada penghobi atau pemain amatir di akar rumput.

Buat para atlet, harus tetap ikuti arahan ahli gizi dan psikolog yang ada di tim. Dan bagi pemain amatir, berusahalah menjaga konsumsi makanan sehat.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar