Cari Blog Ini

Rabu, 17 Mei 2023

Manfaat dan Pengaruh Bet Besi pada Latihan Tenis Meja

 

Manfaat dan Pengaruh Bet Besi pada Latihan Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat


Pergerakan koordinasi tubuh yang dilatih terus menerus dalam tenis meja dapat membantu memperkuat keseimbangan dinamis. Posisi tubuh yang baik harus bisa dipertahankan oleh pemain tenis meja agar bisa menghasilkan pergerakan yang kuat dan efisien, karena keseimbangan tubuh sangat krusial dalam permainan ini.

Untuk menjaga dan meningkatkan keseimbangan koordinasi pergerakan tubuh, dapat dilatih dengan latihan shadow menggunakan bet besi sebagai beban.

Latihan shadow/ bayangan merupakan suatu bentuk latihan tanpa menggunakan bola pingpong serta membayangkan bola yang datang ke arahnya.
Manfaat latihan bayangan sangat besar terhadap peningkatan teknik-teknik pukulan dalam tenis meja sehingga akan berpengaruh pula terhadap pengembangan teknik permainan. Jika dikombinasikan latihan shadow menggunakan bet besi akan lebih banyak manfaat yang kita dapatkan. Selain peningkatan teknik, kecepatan tangan dan power juga akan bertambah.

Bagaimana cara melakukan shadow dengan bet besi?
Fokus lakukan gerakan spin forhand dan backhand saja dengan gerakan cepat dan berulang-ulang. Misalnya, spin forhand dua kali dan backhand dua kali. Lakukan secara terprogram seminggu tiga kali, kurang lebih tiap sesi 10-20 menit disesuaikan dengan waktu dan kebutuhan kita.

Jika dilakukan secara rutin dan konsisten, dapat meningkatkan teknik dan membentuk kondisi kesehatan yang bagus dan akan membuat perbedaan pada setiap akhir turnamen. Memperbaiki gerakan secara shadow akan membiasakan diri memperbaiki gerakan pukulan secara benar.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/05/tips-meningkatkan-skill-bermain-tenis.html?m=1

Proses latihan tidak serta merta langsung kita rasakan, tetapi hasil manis akan kita petik dikemudian hari, karena setiap proses tidak akan mengkhianati hasil dan tidak ada yang sia-sia.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar