Cari Blog Ini

Selasa, 10 Oktober 2023

Berapa Tinggi Pantulan Meja Pingpong??

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Permainan tenis meja memang sudah terkenal dari jaman dulu. Pingpong, nama lain dari olahraga permainan ini mudah kita jumpai. Di Indonesia, sejak Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Solo (September  1948) tenis meja sudah dipertandingkan.

Tidak memerlukan tempat khusus yang luas, tenis meja menjadi mudah untuk dimainkan di tempat yang relatif sempit seperti teras rumah sekalipun.

Namun begitu, untuk pertandingan memerlukan standar sesuai aturan induk organisasi, baik mengacu kepada PTMSI sebagai induk organisasi tingkat nasional maupun ITTF sebagai induk organisasi internasional.

Untuk mejanya, harus berbentuk bujur sangkar dengan panjang 2,74 meter dan lebar 1,525 meter dan harus datar dengan ketinggian 76 cm di atas lantai. Permukaan meja boleh terbuat dari bahan apa saja namun harus menghasilkan pantulan sekitar 23 cm dari bola yang dijatuhkan dari ketinggian 30 cm. Selain itu, permukaan meja harus berwarna gelap dan pudar alias tidak silau dengan garis putih selebar 2 cm pada tiap sisi panjang meja 2,74 meter dan tiap lebar meja 1,525 meter. Permukaan meja dibagi dalam 2 bagian yang sama secara vertikal oleh net paralel dengan garis akhir dan harus melewati lebar permukaan masing-masing bagian meja. Untuk permainan ganda, setiap bagian meja harus dibagi dalam 2 bagian yang sama dengan garis tengah berwarna putih selebar 3 mm, paralel dengan garis lurus sepanjang kedua bagian meja, garis tengah tersebut harus dianggap menjadi 2 bagian kiri dan kanan.

Itulah sekelumit peraturan standar meja yang dipakai untuk pertandingan tenis meja. Dalam lingkungan terbatas, meja tidak harus dibuat dari bahan yang mahal, bisa dari papan triplek atau kayu yang ada disekitar tempat tinggal. Cukup dirapihkan dengan permukaan rata, terpenting ukurannya standar, dan garis-garisnya dibuat sesuai. Atau mudahnya, bawa saja gambar serta ukuran mejanya ke tukang kayu untuk minta dibuatkan, meja pingpong akan cepat terealisasi. Jika mempunyai dana yang cukup bisa juga beli di toko olahraga, harganya juga bervariasi dan sudah standar sesuai aturan yang ada.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/08/apa-definisi-bidang-meja-permainan.html?m=1

Sederhana bukan? Yuk bermain tenis meja...selain bermanfaat untuk silaturrahim, bermain tenis meja juga menjadikan kita sehat dan bugar. Jika berlatih dengan serius dan tekun bukan tidak mungkin akan membuahkan prestasi.


Semangat sehat dan salam 🏓




Tidak ada komentar:

Posting Komentar