Cari Blog Ini

Rabu, 25 Oktober 2023

Pakaian Bertanding Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Selain enak ditonton dari segi permainannya, olahraga tenis meja juga memanjakan mata dari sisi pakaian atau kostum serta asesoris lainnya yang dikenakan oleh para pemainnya.

Pakaian pertandingan tenis meja biasanya meliputi kaos lengan pendek atau tanpa lengan, celana pendek atau rok, dan perangkat pakaian olahraga lainnya seperti sepatu dan kaos kaki, headband serta handband. Sedangkan pakaian lain seperti celana training atau bagiannya, tidak dapat digunakan saat pertandingan kecuali atas seizin wasit sebagai kepanjangan penyelenggara pertandingan.

Pakaian atau kostum yang digunakan dalam pertandingan tenis meja harus berbeda dengan warna bola yang digunakan, termasuk celana pendek atau rok yang dikenakan. Yang diperbolehkan berwarna sama dengan warna bola adalah bagian kerah dan lengan baju.

Tulisan huruf atau nomor di bagian belakang pakaian untuk identifikasi pemain, asosiasi atau nama klub serta iklan boleh dicantumkan. Jika ada nama pemain yang harus dicantumkan di bagian belakang, posisinya harus berada di bawah kerah kaos persis.

Sedangkan nomor punggung dari penyelenggara harus mendapat ruang untuk iklan yang dipasang di belakang kostum pemain. Lebar nomor punggung tidak boleh lebih besar dari 600cm2.

Corak dan warna yang terdapat pada sisi atau depan kostum yang dikenakan pemain harus tidak menyilaukan lawannya, karena dapat menimbulkan suasana permainan menjadi terganggu.

Pada pertandingan beregu (ganda), pemain dengan asosiasi atau klub yang sama harus berpakaian seragam, kecuali untuk kaos kaki, sepatu, nomor, ukuran dan warna.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/tenis-meja-dan-bahaya-fashion.html?m=1

Sedangkan untuk pemain/pasangan  lawan harus memakai kostum yang warnanya berbeda agar dapat dengan mudah dibedakan/dikenali oleh penonton.

Jika pemain atau team yang berhadapan memakai kostum dengan warna yang sama dan tidak ada yang mau mengalah untuk mengganti kostumnya, maka keputusannya ditentukan oleh wasit melalui undian.

Kenakan pakaian atau kostum yang nyaman dipakai, agar tidak mengganggu konsentrasi saat bermain.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar