Cari Blog Ini

Jumat, 27 Oktober 2023

Manfaat motivasi dalam Tenis Meja?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 



Movere adalah kata dasar motivasi. Berasal dari bahasa latin, movere berarti bergerak. Proses psikologi yang menghasilkan suatu intensitas, arah, dan ketekunan individual dalam usaha untuk mencapai satu tujuan adalah definisi dari motivasi.

Motivasi sangat penting dalam kegiatan olahraga tenis meja, khususnya bagi sang atlet agar tetap semangat dalam menjalani rutinitas latihan maupun pertandingan.

Kita adalah makhluk berkembang yang selalu aktif bergerak. Selain ditentukan oleh faktor-faktor yang datang dari luar, tindakan atau perbuatan kita juga ditentukan oleh faktor yang datang dari dalam diri sendiri.

Untuk meraih prestasi merupakan tantangan yang berat. Dalam olahraga apapun termasuk tenis meja, tidak ada atlet yang dapat menang atau meraih prestasi yang optimal tanpa adanya motivasi.

Mempunyai keterampilan yang baik, tetapi tanpa ada hasrat untuk bermain baik, biasanya mengalami kekalahan. Mempunyai hasrat tinggi tanpa mempunyai keterampilan, maka prestasi tetap buruk. Jika motivasi dan keterampilan dapat saling melengkapi, maka hasil optimal akan lebih mudah dicapai.

Motivasi dan keterampilan perlu ditumbuhkan dan dibina dengan selaras demi pencapaian prestasi yang optimal.

Motivasi bisa datang dari orang lain maupun dari diri kita sendiri. Motivasi tidak nampak secara fisik, namun gejala ada tidaknya motivasi pada seseorang dapat diamati dari tingkah laku yang merupakan akibat atau manifestasi tinggi rendahnya motivasi itu sendiri.

Untuk mencapai tujuan, kita membutuhkan motivasi, baik dari luar (ekstrinsik) maupun dari dalam diri kita sendiri (intrinsik). Motivasi ekstrinsik dikarenakan adanya sumber dari luar seperti halnya hadiah ataupun penghargaan lainnya. Sedangkan motivasi intrinsik lebih kepada dorongan diri sendiri secara alamiah untuk bermain lebih baik, bukan karena situasi yang dibuat-buat. Dengan kata lain, motivasi bermanfaat sebagai pendorong semangat setiap pemain dalam upaya mencapai tujuan.

Melalui tenis meja kita mendapatkan kesempatan yang luas untuk mengembangkan kemampuan, mendapatkan pengakuan dan popularitas, menemukan teman-teman baru serta pengalaman tempat baru saat bertanding sehingga mendatangkan kegembiraan dan kepuasan. Tenis meja merupakan olahraga yang unik, dimana sermua memerlukan hubungan yang harmonis dan ideal antara proses berpikir, emosi dan gerakan (olah pikir, olah rasa dan olah raga).

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/kecerdasan-emosi.html?m=1

Yuk tetap berlatih dengan sungguh-sungguh secara proporsional, sehingga tujuan penguasaan keterampilan teknik bermain dapat meningkat sesuai harapan. Dengan latihan tenis meja secara terjadwal, sehatpun kita dapatkan.


Semangat sehat dan salam 🏓




Tidak ada komentar:

Posting Komentar