Cari Blog Ini

Senin, 16 Oktober 2023

Sehatkan Tubuh dengan Tenis Meja, Sehatkan Pikiran dengan Berkarya

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Menurut ahli kesehatan kita harus berolahraga minimal selama 30 menit dalam sehari agar tubuh tetap sehat. Kini, olahraga sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup bagi mayoritas masyarakat kita, termasuk tenis meja. Perlu diketahui, selain merupakan olahraga/ olah fisik, bermain tenis meja juga sebagai olah rasa dan olah pikir. Bukan tanpa alasan, selain menyehatkan tubuh, tenis meja juga menyehatkan pikiran, yang pada akhirnya dengan kondisi tubuh dan pikiran yang sehat akan mendukung kita dalam berkarya.

Para ahli kesehatan menyarankan agar kita juga harus memeriksa kesehatan tubuh setiap 6 bulan sekali. Dengan kesehatan tubuh dan pikiran yang terjaga, produktifitas akan meningkat, sehingga kualitas hidup akan baik.

Bayangkan saja jika kita malas berlatih, tubuh kita akan mudah terjangkit virus ataupun penyakit dan berat badan tidak terkontrol, sehingga produktifitas dalam berkarya menjadi menurun.

Tenis meja adalah rumah bagi semua golongan, pemersatu perbedaan, strata dan kasta baik anak-anak, dewasa maupun tua. Tenis meja ramah dan aman jika dilakukan dengan benar dan disesuaikan dengan kondisi kita, termasuk aman untuk usia lanjut (berumur).

Tenis meja dapat dibedakan menjadi dua kategori, prestasi dan rekreasi. Untuk tenis meja prestasi, tentu harus dilakukan dengan pelatihan keterampilan khusus secara terprogram. Sedangkan untuk rekreasi, olahraga dapat dilakukan dengan santai bersama teman ataupun kerabat. Sambil menikmati suasana libur misalnya, kita dapat melakukan latihan tenis meja demi menjaga tubuh dan pikiran agar tetap sehat.

Bagi kita yang sudah berumur, seiring bertambahnya usia kekuatan otot akan berkurang. Bermain tenis meja secukupnya sesuai kemampuan stamina dan fisik kita, jangan sampai kelelahan yang bisa mengakibatkan hal yang tidak kita inginkan. Lakukan dengan gembira untuk sekedar menghilangkan stres.

Makan dan latihan ringan harus tetap kita lakukan sebisa mungkin seberapapun tua usia kita. Walaupun gigi sudah tidak sekuat dulu, nafsu makan juga sudah tidak banyak, tetaplah makan. Usahakan tidak hanya makan sayuran, setidaknya telur dan daging harus rutin kita makan, karena itu pembentuk otot. Berjemur dan konsumsi vitamin D, karena sangat diperlukan untuk mencegah keropos tulang dan pelemahan otot.

Bertambahnya usia kita jangan menjadi alasan untuk tidak berlatih, tetaplah berolahraga untuk menjaga elastisitas maupun kekuatan otot. Jika diperlukan konsultasilah ke dokter. Jadikan tenis meja sebagai kegiatan bertemu dengan teman sebaya, bisa dijadikan sebagai solusi silaturrahim di hari yang cerah. Carilah teman berolahraga sehobi agar bisa diajak ngobrol dan curhat, karena itu penting bagi otak dan kesehatan.

Kita yang sudah berumur membutuhkan banyak rekreasi. Jadikan olahraga sebagai rekreasi, tetapi jika masih bisa berprestasi anggap saja itu bonus. Selain minim dari resiko cidera, tenis meja juga dapat dimainkan dengan fun oleh semua usia. Manfaat yang bisa kita ambil jika tenis meja dijadikan sarana rekreasi, diantaranya: -Meningkatkan suasana hati, mengurangi stres dan kecemasan 

-Meningkatkan tidur, pencernaan 

-Meningkatkan kognisi, fokus, stamina 

-Meningkatkan energi, kepercayaan diri 

-Meningkatkan dukungan sosial dan jaringan 

-Meningkatkan kekuatan, daya tahan 

-Meningkatkan kesehatan jangka panjang, mencegah penyakit.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/bermain-tenis-meja-untuk-investasi.html

Secara fisiologis, tenis meja memberi banyak keuntungan kepada para pelakunya. Saat melakukan tenis meja, segala penyimpangan masalah kesehatan dan tekanan kehidupan sehari-hari akan berkurang.

Dari pengamatan tampak bahwa setelah bermain tenis meja kita menjadi lebih segar bugar. Gerak reflek, respons yang otomatis dan sangat cepat dalam tenis meja memberikan keuntungan dalam kehidupan sehari-hari. Efeknya, seorang yang rutin melakukan latihan tenis meja akan cenderung memiliki reaksi lebih cepat dalam keadaan gawat mendadak.

Teruslah berlatih tenis meja untuk menjaga kesehatan, kebugaran dan tentu demi kualitas hidup yang lebih baik, dengan demikian kita akan lebih bersemangat dalam berkarya. Tetaplah bergembira dalam bermain tenis meja karena sehat paling utama. Bahagiakan lahir dan batin, selalu mengingat Tuhan dengan beribadah. (end)


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar