Cari Blog Ini

Rabu, 11 Oktober 2023

Cara Melakukan Backhand Topspin

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Bermainan tenis meja mengharuskan pemainnya untuk menguasai beragam pukulan untuk menempatkan bola dan mendapatkan poin.

Penguasaan berbagai pukulan dalam permainan tenis meja menjadi modal dasar untuk mengontrol dan memukul bola.

Salah satu teknik memukul bola yang sering digunakan untuk kontrol dan penempatan bola adalah backhand topspin, dimana pukulan ini membuat bola melaju dengan putaran ke atas.

Selain laju bola yang berputar, pukulan backhand topspin juga mempunyai kecepatan untuk penempatan bola (placing), sehingga sulit dikembalikan oleh lawan.

Pukulan backhand topspin sangat efektif untuk menghasilkan poin, sehingga pukulan jenis ini banyak diandalkan oleh banyak pemain 

Bagaimana cara melakukan backhand topspin?

Diawali dengan posisi berdiri dan sedikit menekuk lutut, posisikan bet sedikit di bawah pinggang.  Kemudian dorong pinggul ke depan hingga tubuh terangkat ketika bola datang, dan gerakkan pergelangan tangan naik ke arah depan.

Sedangkan pengenaan bet pada bola saat melakukan backhand topspin adalah pada tengah permukaan dari sisi bawah bola. Semakin kuat gesekan akan semakin cepat laju dan putaran bolanya. Backhand Topspin dengan putaran yang banyak sangat memungkinkan menjadi pukulan yang mematikan dan dapat diandalkan dalam permainan.

Baca juga:   https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/05/skill-dasar-tenis-meja.html?m=1

Jangan lelah mengasah pukulan backhand topspin ini di saat berlatih, karena lelahmu tak akan membuat basah keringatmu sia-sia.


Semangat sehat dan salam 🏓





4 komentar: