Cari Blog Ini

Jumat, 20 Oktober 2023

Siapa Singa Podium Tenis Meja Indonesia?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Mendengar kata podium pasti akan terbayang tentang seseorang yang memenangkan sebuah perlombaan atau pertandingan. Biasanya memang podium menjadi tempat perayaan atau selebrasi bagi pemain yang berhasil menjadi juara. Lantas apa itu podium? 

Podium (atau Podia) adalah sebuah platform yang digunakan untuk mengangkat sesuatu ke atas lingkungannya. Kata ini berasal dari bahasa Yunani, πόδι (kaki). Podium juga dapat diartikan sebagai mimbar, tempat orang melakukan pidato, ceramah/ pembicara publik maupun konduktor dalam memimpin orkestra dan masih banyak lagi. 

Dalam olahraga termasuk tenis meja,  podium digunakan untuk menghormati pemain terbaik secara ranking dalam suatu event perlombaan atau pertandingan. Biasanya podium terdiri dari tiga level berbentuk piramida. Level tertinggi di tengah untuk peraih medali emas. Ke kanan mereka adalah platform yang agak rendah untuk peraih medali perak, dan di sebelah kiri peraih medali emas adalah platform yang lebih rendah lagi untuk peraih medali perunggu. 

Di atas podium, para juara akan diberikan penghargaan piala dll dari panitia penyelenggara kompetisi. Piala biasanya akan diberikan terlebih dahulu kepada peraih juara tiga dan dua, setelah itu baru diberikan kepada juara satu.

Jika pertandingannya bersifat kelompok/ team/ beregu, podium dijadikan tempat selebrasi atas kemenangan yang diraihnya. Mereka bersuka-cita di atas podium dan merayakan kemenangan bersama dengan para pendukung yang hadir di lokasi, dan itu menjadi suatu kebanggaan.

Pada era kemerdekaan dahulu, Soekarno muda dijuluki sebagai "Singa Podium". Ini dikarenakan pidatonya yang dengan lantang dan berapi-api membakar semangat para pejuang untuk mengusir penjajah Belanda. 

Dalam tenis meja Indonesia khususnya, julukan Singa Podium sepertinya belum pernah terdengar, artinya dominasi juara tidaklah mutlak, karena para pemain secara kualitas berimbang, tidak ada yang superior. Hal ini bagus dalam sebuah kompetisi. Mereka akan berlomba-lomba secara sehat untuk menjadi yang terbaik agar bisa naik podium.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/kompetisi-tenis-meja-sebagai-barometer.html?m=1

Tekunlah berlatih dengan sungguh-sungguh, siapa tahu pada gilirannya nanti kalian akan menjadi Singa Podium yang akan disegani oleh setiap lawan.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar