Cari Blog Ini

Kamis, 05 Oktober 2023

Kapan Harus Ganti Karet Tenis Meja?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Semakin sering dipakai, karet akan semakin menurun kualitasnya, apalagi jika perawatannya diabaikan. Lantas kapan waktu yang tepat untuk ganti karet tenis meja?

Pada usia 4 - 6 bulan pemakaian rutin biasanya karet secara berangsur-angsur akan menurun daya cengkeramnya. Bagi pemain pro, pemain bersponsor ataupun pemain yang secara materi berkecukupan, mengganti karet pada kondisi ini adalah hal yang wajar.

Bermain dengan karet profesional membuat perbedaan besar, dan ada banyak alasan mengapa pemain yang saya sebutkan di atas sangat memperhatikan itu walau harganya begitu mahal.

Bagi pemain amatir akan berpikir ulang jika harus mengganti karet yang baru dipakai sekitar 4 - 6 bulan, karena akan memikirkan biaya yang harus dikeluarkan. Selain faktor biaya, pemakaian karet 4 - 6 bulan oleh pemain amatir biasanya dianggap masih layak. Secara kualitas sedikit menurun iya, tetapi jika tujuan utama bermain tenis meja untuk olahraga rekreasi tentu tidak menjadi penghalang.

Bagaimana mensiasati agar usia karet lebih lama secara kualitas? Saya menekankan pentingnya membersihkan karet Tenis Meja dengan benar dengan cairan pembersih yang sudah kita siapkan setiap selesai bermain. Kemudian simpan bet kita di tempat bet yang baik untuk mendapatkan hasil maksimal, yang pada gilirannya akan menghemat banyak uang dalam jangka panjang.

Tak bisa dihindari, semakin lama usia karet yang kita pakai akan semakin menurun kualitas daya cengkeramnya. Tetapi jika kita rawat dengan baik akan mempengaruhi durabilitasnya. Jika dirasa sudah tidak nyaman atau tidak dapat mendukung performa, silahkan ganti karetnya dan sesuaikan dengan karakter bermain kita. Tidak harus mahal, terpenting cocok dengan karakter bermain kita. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/05/cara-merawat-raket-bet-tenis-meja.html?m=1

Dengan kata lain, penggantian karet sangat tergantung si pemakainya dalam bermain, untuk prestasi atau rekreasi. Bagi pemain pro,  4 - 6 bulan adalah waktu ideal saatnya ganti karet. Sedangkan bagi pemain amatir akan lebih fleksibel.


Semangat sehat dan salam 🏓



4 komentar:

  1. Balasan
    1. Sama2, terimakasih kembali supportnya om..🙏

      Hapus
  2. sangat bermanfaat ilmunya, sebagai pemain yg alakadarnya, baru tau ternyata ada batasan umur karet..biasanya asal pakai saja..hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap om, semoga bermanfaat 🙏. Terimakasih

      Hapus