Cari Blog Ini

Senin, 09 Oktober 2023

Mengembangkan Servis Tenis Meja bagi Pemula

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Pemain pemula tenis meja atau baru dalam tenis meja, jika mempunyai servis yang baik akan menjadi pembeda dengan pemain lain dalam level yang sama.

Begitu pemain menguasai kemampuan servis yang baik (backspin berat) misalnya, pertandingannya dengan lawan satu level akan berubah total.

Kemungkinan besar lawan akan kesulitan membuka serangan terlebih dahulu, sehingga memungkinkan kita untuk melakukan pukulan sesuai pola yang sudah direncanakan.

Untuk menguasai salah satu teknik yang baik,  benar dan berkualitas membutuhkan proses yang harus dilatih terus menerus.

Kalau ada orang mentertawakan saat kita berproses, lupakan dan maafkan. Setelah itu mereka akan menanyakan bagaimana caranya. Lihat saja... 

Jika kita dapat menguasai servis dengan backspin yang berat, maka akan menjadikan kelebihan ketika melawan teman satu level.

Namun bagi sebagian pemain pemula, jarang yang mempunyai servis dengan backspin berat. Yang ada, servis dengan putaran sedikit atau melayang, sehingga lawan masih bisa mengembalikan walau dengan sedikit kesulitan.

Bagaimana cara melatih servis backspin yang berat?

Secara teori adalah bagaimana kita memposisikan kemiringan bet saat terjadi kontak dengan bola. Dengan posisi bet horisontal searah dengan permukaan meja saat berinteraksi dengan bola (bagian bawah bola) dan didukung dengan gerakan cepat akan menghasilkan bola backspin yang berat.

Jika tindakan servis kita lambat, servis kita tidak akan mendapatkan banyak putaran. Cobalah melempar bola sedikit lebih tinggi untuk menghasilkan putaran bola yang lebih banyak. Semakin tinggi lemparannya, akan semakin cepat akselerasinya saat turun dan semakin banyak putaran yang dapat diberikan pada bola. Kemudian maksimalkan gesekan bola dengan gerakan cepat siku dan pergelangan tangan.

Untuk menguasainya tidak ada yang instan. Lakukan ini berulang-ulang dalam latihan sampai kita merasa nyaman dengan gerakan lengan dan kontak bola bagian bawah.

Ini adalah servis yang harus dipelajari oleh setiap pemain tenis meja dan merupakan servis yang sangat kejam di tingkat pemula. Namun jangan lupa, tetap ikuti peraturan yang sudah ditetapkan dalam melakukan servis.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/03/ilegal-serve-tenis-meja.html?m=1

Setelah menguasainya, lakukan improvisasi untuk penempatan arah servisnya ke bagian titik yang lebih lemah dari lawan. 


Semangat sehat dan salam 🏓






Tidak ada komentar:

Posting Komentar