Cari Blog Ini

Selasa, 17 Oktober 2023

Teknik Serangan atau Attacking

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Dalam olahraga tenis meja, perolehan nilai atau point sangat menentukan kemenangan. Satu poin menjadi sangat penting dalam sebuah pertandingan. Untuk memperolehnya, pemain harus menguasai teknik serangan secara benar, baik backhand maupun forehand.

Tanpa kesalahan dalam melakukan serangan terhadap lawan adalah harapan setiap pemain, sehingga akan memudahkan dalam perolehan poinm

Jika ingin memperoleh poin dengan mudah, maka pemain tenis meja dapat memulai melakukan gerakan menyerang. Ada beberapa teknik serangan dalam permainan tenis meja. Tetapi bagi pemain pemula, mempelajari hingga menguasai dua teknik dasar serangan tenis meja saja sudah sangat baik. Tinggal kemudian dikembangkan lagi agar permainan menjadi  semakin berkembang.

Teknik Forehand Drive

Teknik ini dapat dilakukan dengan cara memukul bola dari samping atau bagian luar tubuh dengan kuat.

Caranya adalah: kaki kiri diposisikan lebih di depan, kaki kanan agak menyamping di belakang, badan agak menyerong ke kanan, lutut agak ditekuk. Dalam permainan tenis meja cara tersebut untuk melakukan serangan forehand drive. Pukulan forehand drive akan menghasilkan pukulan bola yang cepat, keras, dan mendatar.

Teknik Backhand Drive

Teknik serangan tenis meja jenis ini merupakan kebalikan dari teknik serangan sebelumnya. Pemain memukul bola dari arah dalam atau bagian bawah dada dengan kuat untuk mengaplikasikan teknik serangan ini.

Caranya adalah: posisikan berdiri di belakang meja menghadap ke arah lawan. Kaki kiri ditarik agak mundur ke belakang. Tangan kanan memegang bet di depan badan atau di samping kiri badan dan lengan atas membentuk sudut kecil dengan badan. Pukulan dilakukan dengan menggerakkan bet dari arah belakang ke arah depan samping.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/11/manfaat-pukulan-drive-dalam-tenis-meja.html?m=1

Dua teknik dasar tenis meja tersebut sangat penting sehingga perlu dipelajari dan dikuasai oleh setiap pemain, termasuk bagi pemain pemula. Untuk dapat menguasainya harus dipelajari dan dilatih terus-menerus.


Semangat sehat dan salam 🏓

2 komentar: