Cari Blog Ini

Jumat, 13 Oktober 2023

Pemula Wajib Tahu (Tenis Meja)

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Olahraga tenis meja mempunyai daya tarik tersendiri, di komplek-komplek atau di daerah perumahan yang ikut bejibun, mulai dari bapak-bapak, ibu-ibu sampai remaja rela antri.

Bagaimana tidak, tenis meja memang bisa dijadikan olahraga rekreasi/ fun dan mudah dimainkan di manapun. Asal ada ruangan kosong, meja sudah bisa digelar dan siap dimainkan.

Tak heran jika ada yang menjadikan jalanan perumahan juga dijadikan sebagai arena permainan tenis meja. Tentu sifatnya tidak permanen, hanya pada waktu tertentu dan langsung dilipat jika sudah selesai.

Idealnya dan memang seharusnya tenis meja dimainkan pada ruangan tertutup/ indoor. Bolanya yang terbuat dari bahan celuloid cenderung ringan, sehingga akan tidak stabil jika terkena angin apabila bermainnya di luar ruangan/ outdoor .

Secara sederhana begitulah gambaran bermain tenis meja kalau dilihat dari kacamata awam.

Tetapi tahukah kalian jika ingin menguasai permainan tenis meja lebih dalam tak sesederhana yang kita bayangkan sebelumnya?

Latihan rutin untuk penguasaan teknik memukul adalah penting, tetapi belum cukup. Ada banyak hal lain yang lebih penting dari sekedar teknik. Peralatan pribadi yang kita pakai, dari kostum, sepatu, dan alat pemukul/ bet wajib milik sendiri.

Mengapa blade/ bet menjadi wajib kita miliki? Tenis meja selain sebagai olahraga/ olah fisik,   juga sebagai olah pikir dan olah rasa. 

Badan dan fisik yang sehat dan kuat berpengaruh terhadap "olahraga" nya itu sendiri. Olah pikir berpengaruh terhadap penerapan taktik dan strategi yang baik dalam bermain. Sedangkan olah rasa lebih kepada feeling bagaimana memukul bola. Feeling memukul bola sangat dipengaruhi oleh bet yang kita pakai. 

Pemain harus beradaptasi dan memahami karakter bet yang kita pakai untuk mendapatkan feeling dalam pengambilan putaran bola. Untuk pembentukan feeling, kita membutuhkan adaptasi yang tidak sebentar dalam memadukan antara tangan dan bet. 

Itulah alasannya mengapa pemain tenis meja "wajib" memiliki bet sendiri, intinya agar permainan kita lebih mudah dan cepat meningkat.

Tidak hanya sampai disitu, tidak semua bet sesuai dengan karakter bermain kita. Pemain satu dengan pemain yang lain mempunyai karakter bermain yang berbeda, sehingga membutuhkan bet dengan karakter yang berbeda pula. Kayu maupun karet harus diperhatikan betul, set up seperti apa yang cocok dengan kita. Tetapi jangan khawatir, set up bisa diupgrade seiring berjalannya waktu disesuaikan dengan peningkatan teknik yang kita kuasai.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/pemula-wajib-tahu-teknik-memegang-bet.html?m=1

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/tips-memilih-bet-tenis-meja-terbaik.html?m=1

Itulah sekelumit gambaran bagaimana persiapan  bermain tenis meja secara sederhana bagi pemula. Walaupun berusia senja, jika mulai mengenal dan bermain tenis meja baru pada usia 30-50 tahun misalnya, masih dikatakan pemain pemula, sama halnya dengan penulis yang masih masuk kategori pemula. Lakukan diskusi atau minta saran terbaik dari orang yang lebih paham jika akan membeli peralatan tenis meja, terutama untuk kayu dan karet adalah hal yang bijak. Bulatkan niat dan tekad, percayalah bahwa tenis meja itu olahraga asik dan mengasikkan.


Semangat sehat dan salam 🏓


4 komentar:

  1. betul...betul...betul....tapi apakah untuk pengenalan blade dan karet harus ganti" blade dan karet atau si pemakai harus belajar menyesuaikan dengan blade dan karet yang dimiliki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentukan set up yang akan kita pakai, sesuaikan dengan karakter bermain kita. Kemudian lakukan adaptasi dg latihan rutin agar feel nya dapet.

      Hapus