Cari Blog Ini

Selasa, 31 Oktober 2023

Let dalam Tenis Meja. Apa artinya?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Ada situasi dimana dalam tenis meja poinnya tidak dihitung atau tidak ditentukan, itulah yang dinamakan Let. Dan permainan akan diulang pada score sebelumnya.

Dalam situasi apa Let bisa terjadi?

Kasus Let paling umum seringkali terjadi pada saat pemain melakukan servis yang benar dan terjadi netting (bola menyentuh net dan bergulir ke meja lawan). Hal ini tidak dihitung poin, baik bagi server maupun bagi yang menerima servis. Dan servis harus diulang dan tidak merubah score sebelumnya.

Pemain penerima servis belum siap dan tidak berusaha memukul bola yang datang juga menyebabkan terjadinya Let dan harus diulang. Jika penerima servis melakukan gerakan bet ke arah bola, padahal belum siap, maka servis tidak diulangi. Jadi setelah memukul bola kembali, pemain penerima servis tidak bisa hanya berkata, “Saya belum siap”. Jadi, jika pemain belum siap untuk menerima servis, yang terbaik adalah diam saja. 

Meskipun let sebagian besar terjadi saat melakukan servis, ada juga situasi selama permainan berlangsung yang menyebabkan pengulangan. Bukan tentang situasi permainannya, melainkan lebih banyak datang dari faktor eksternal. 

Jika datang dari faktor eksternal, maka perlu dicatat bahwa pemain tidak bertanggungjawab atas gangguan tersebut. Teruslah bermain, karena keputusan permainan di Let atau tidak ada di tangan wasit.  

Situasi umum yang dapat menyebabkan wasit memutuskan Let adalah adanya bola lain (dari meja sebelah) yang masuk ke arena kita. Bisa juga karena teriakan-teriakan penonton yang mengganggu pemain atau oficial yang memberikan instruksi disaat permainan sedang berlangsung, wasit berhak juga melakukan interupsi memberikan Let untuk memperingatkannya. Jika bermain di area outdoor, faktor angin juga dapat menjadi alasan untuk permainan diulang.

Bola netting, penerima belum siap dan faktor eksternal lainnya adalah beberapa alasan terjadinya Let atau wasit berhak memberikan Let.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/03/peran-wasit-dalam-tenis-meja.html?m=1

Tetap semangat berlatih dan pahami aturan permainannya agar tidak terjadi salah komunikasi. 



Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar