Cari Blog Ini

Kamis, 19 Oktober 2023

Teknologi Robot Pelontar Bola Pingpong dan Manfaatnya

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Selain sebagai olahraga rekreasi murah dan menyenangkan, tenis meja juga sebagai olahraga prestasi. Untuk menggapainya dibutuhkan penguasaan keterampilan berbagai teknik, taktik dan strategi.

Kondisi fisik yang baik juga mempunyai peran penting, seperti kekuatan (strength), daya tahan (endurance), daya ledak otot (muscular power), kecepatan (speed), koordinasi (coordination), kelenturan (flexibility), kelincahan (agility), keseimbangan (balance), ketepatan (accuracy) dan reaksi (reactoon). Kondisi ini harus dipersiapkan dan dilatih.

Untuk mencapai penguasaan teknik maupun fisik yang baik guna mendukung dalam bermain tenis meja, kita perlu melakukan latihan secara intens dan sungguh-sungguh bersama pelatih yang sekaligus sebagai partner.

Namun bagaimana jika pada saat sendiri, tidak ada teman sebagai sparing partner?Dengan berkembangnya teknologi saat ini, mestinya masalah seperti ini tidak menjadi alasan untuk tidak berlatih.

Sebagai salah satu solusi untuk latihan, kita dapat memanfaatkan robot pelontar bola. Kini sudah banyak inovasi pelontar bola sederhana ekonomis yang dikembangkan oleh masyarakat. Atau bisa juga kita kreatif membuat sendiri dengan material yang sederhana. Pelontar bola ini sering disebut dengan RoboPong (Robot Pingpong). 

Pabrikan atau tidak, robot pelontar bola mempunyai fungsi dan tujuan yang sama guna memudahkan kita dalam berlatih tenis meja secara mandiri.

Robot pelontar bola selain bermanfaat mempermudah pemain pemula berlatih pukulan dalam permainan tenis meja, juga sebagai alat bantu pelontar bola pingpong dalam jumlah bola yang banyak atau multiball.

Teknologi membuat segala sesuatu yang kita lakukan menjadi lebih mudah, termasuk dalam berlatih tenis meja. Untuk mempermudah aktivitasnya, manusia berusaha menciptakan inovasi baru, bahkan ciptaannya tersebut dapat menggantikan peran manusia dalam suatu fungsi tertentu seperti halnya robot pelontar bola. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/06/science-untuk-peningkatan-prestasi.html?m=1

Diharapkan dengan adanya teknologi yang memudahkan bermain tenis meja, kita akan mengetahui cara-cara terbaru yang akan membawa para pemain meningkatkan mutu teknik bermain dan bertanding yang akan menuju ke arah keberhasilan. 


Semangat sehat dan salam 🏓

2 komentar: