Cari Blog Ini

Rabu, 18 Oktober 2023

Return Board dan Manfaatnya pada Latihan Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Bagi sebagian orang, tenis meja atau pingpong merupakan olahraga permainan yang sulit untuk dimainkan. Tetapi bagi siapa saja yang mempunyai tekad kuat ingin bisa bermain tenis meja, semua kesulitan itu bisa diatasi dengan cara berlatih sungguh-sungguh dibawah bimbingan pelatih atau teman yang lebih menguasainya terlebih dahulu.

Bermain tenis meja dituntut konsisten dalam memukul, mengarahkan dan menempatkan bola ke bidang meja lawan. Dan untuk melakukan itu semua dibutuhkan penguasaan teknik yang kompleks.

Dalam perkembangannya, teknik yang kita kuasai harus terus ditingkatkan, untuk itu kita membutuhkan latihan khusus. Dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, pemain dapat memanfaatkan teknologi yang ada guna membantu dalam peningkatan teknik dan taktik. 

Satu diantara beberapa model alat bantu tersebut berupa Return Board. Return Board merupakan alat bantu yang dikembangkan untuk membantu para pelatih dalam meningkatkan kemampuan pukulan forehand maupun backhand topspin atlet binaannya.

Dengan alat bantu Return Board ini, pemain akan lebih leluasa mengeksplorasi dirinya dalam melakukan permainan tenis meja, karena yang menjadi lawan adalah papan pantul sehingga pemain mempunyai keleluasaan untuk menyesuaiakan jenis pukulan ataupun keras tidaknya gaya yang dipantulkan sesuai dengan minat yang diinginkan. Pelatih yang tidak langsung menjadi sparing partner saat berlatih akan lebih mudah dalam memonitor dan mengarahkan pemain untuk melakukan jenis pukulan/ teknik yang sesuai dengan kriteria yang diajarkan dalam tenis meja.

Selain untuk melatih teknik pukulan topspin, Return Board juga untuk melatih tempo, timing dan mengarahkan serta menempatkan bola pada target.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/10/cara-melakukan-backhand-topspin.html?m=1

Mulai saat ini tidak ada alasan lagi untuk tidak berlatih, karena tidak adanya teman berlatih dapat digantikan dengan alat Return Board ini.


Semangat sehat dan salam 🏓

2 komentar: