Cari Blog Ini

Senin, 06 November 2023

Akselerasi Putaran Bola dalam Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Bermain tenis meja tak bisa lepas dengan spin atau putaran bola. Dan kualitas putaran bola yang dihasilkan berbeda antara pemain satu dengan lainnya. Semakin banyak putaran, maka kualitas pukulan semakin baik. Itu semua tergantung akselerasi setiap pemain dalam melakukan pukulan terhadap bola.

Video pemain pemula ketika melakukan akselerasi pukulan:

Akselerasi adalah kecepatan gesekan terhadap bola saat terjadi kontak bola dengan bet. Apakah akselerasi berpengaruh terhadap putaran bola? Tentu, semakin banyak akselerasi maka akan semakin banyak putaran terhadap bola. Dan terpenting, akselerasi akan membantu perasaan pemain dalam memukul bola.

Perbedaan utama antara pemain tingkat lanjut  dan pemain pemula adalah pada kualitas putaran bola. Kuncinya ada pada akselerasi, dimana akselerasi bet terhadap bola akan berdampak pada putaran yang dihasilkan. Akselerasi menjadi dasar terpenting dalam tenis meja, seperti yang diterapkan oleh Tiongkok kepada para atletnya.

Pemain pemula memukul bola dengan konstan yang kurang baik, sementara pemain tingkat lanjut (baca: profesional) memukul bola dengan sangat cepat dalam sepersekian detik saat terjadi kontak bola. Gerakan memukul bola diawali dengan relax dan lambat, kemudian gerakan sangat cepat saat terjadi kontak bola, dan kemudian relax kembali setelahnya.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/09/cara-bermain-tenismeja-dengan-tubuh.html?m=1

Ada beberapa putaran dalam tenis meja yang harus dikuasai oleh pemain.

Backspin

Backspin adalah putaran bola utama yang disukai sebagian besar pemain amatir. Untuk membuat backspin ball di tenis meja tidaklah sulit. Kita dapat menggunakan dorongan untuk melakukannya dengan istilah pukulan chop Bola backspin akan berjalan lebih lambat. Namun, bola backspin akan mudah diserang (dengan serangan topspin) oleh spinner. Jika kalian seorang spinner, kalian akan menyukai bola backspin dari lawan. 

Topspin

Topspin adalah putaran tenis meja paling favorit bagi pemain. Efeknya akan membuat arah bola cenderung turun mendarat ke meja lawan. Efek inilah yang menyebabkan banyak pemain mencoba membuat bola topspin dalam serangan mereka. Bola topspin cenderung melompat ke depan dan melompat ke bawah (bola jalan)

Sidespin

Sidespin umumnya ditambahkan dalam serve. Kualitas servis yang bagus dengan sidespin sulit untuk dikembalikan oleh lawan. Namun banyak juga pemain tingkat lanjut menerapkan sidespin dalam melakukan smash, sehingga arah bola menjadi melengkung seperti tembakan pisang dalam sepakbola. Tetapi hal ini biasanya hanya spesialisasi pemain tertentu.

No-spin

Jenis no-spin (tanpa putaran) hanya bisa dilakukan oleh pemain yang memang sudah paham berbagai teknik pukulan. Atau bagi pemula pun bisa melakukannya, tetapi mereka tidak sadar dengan apa yang dilakukan. Untuk menghasilkan bola no-spin juga bisa menggunakan bet dengan karet anti-spin atau anti-power.

Dan masih banyak lagi jenis-jenis putaran bola dalam tenis meja, tergantung eksplorasi dan improvisasi pemain. Semua membutuhkan latihan yang tidak mudah dan tergantung akselerasi dari masing-masing pemain yang melakukannya.



Semangat sehat dan salam 🏓



4 komentar:

  1. Share Kode jari dalam bermain double dalam tenis meja pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ketik "kode jari" di kolom pencarian (bagian atas sebelah kiri) om...

      Hapus
  2. Mantap tetap semangat utk menyebarkan pengetahuan bermain pingpong, om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, in Sha Allah om. Terimakasih supportnya 🙏

      Hapus