Cari Blog Ini

Kamis, 09 November 2023

Korelasi Kepercayaan Diri dan Prestasi Pemain Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat 



Pemain tenis meja dalam sebuah pertandingan sering dihadapkan dengan situasi yang menimbulkan tekanan maupun kecemasan, sehingga dapat mempengaruhi kepercayaan diri seorang pemain. Kepercayaan diri yang menurun dapat berujung pada ketidakmampuan pemain menampilkan performa terbaik, dan akan bermuara pada prestasi pemain.

Pemain dengan kepercayaan diri yang tinggi akan mampu mengontrol pikiran negatif yang dapat menganggu performa pemain selama bertanding, begitu sebaliknya. Tetapi perlu diingat!! Percaya diri tinggi hanya untuk memacu motivasi kita dalam bermain, jangan sampai menjadi over confidence yang malah dapat menjadi bumerang bagi diri sendiri.

Banyak faktor yang dapat mengganggu dan menjadi penyebab menurunnya kepercayaan diri ketika kita sedang bertanding, baik gangguan internal maupun eksternal.

Demam panggung, grogi dan rasa minder merupakan sedikit contoh faktor internal yang harus kita hindari. Bebaskan pikiran yang mengganjal dan berusaha bermain lepas adalah solusi mengatasi gangguan internal ketika bertanding.

Penonton merupakan salah satu contoh faktor eksternal yang dapat menyebabkan menurunnya kepercayaan diri seorang pemain. Terkadang penonton dapat menjadi lawan ketiga yang menambah beban bermain kita. Tetapi jika kepercayaan diri sudah tertanam, justru dengan adanya penonton akan menjadi tambahan energi kita dalam bermain.

Lantas bagaimana cara menjaga kepercayaan diri selama pertandingan? 

Kepercayaan diri tidak akan muncul secara tiba-tiba, tetapi melalui proses yang panjang yang disadari atau tidak akan tumbuh dengan sendirinya. Melalui apa? Tentu saja proses latihan menjadi kuncinya. 

Berlatih secara rutin dan terprogram akan menghasilkan progres yang signifikan terhadap rasa percaya diri pemain. Penguasaan teknik dan simulasi bermain selama latihan menjadi modal dasar dalam pertandingan sesungguhnya. Kuatkan tekad dan bangun optimisme, jalani pertandingan dengan enjoy agar dapat berpikir jernih selama pertandingan berlangsung.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/08/10-cara-menghilangkan-rasa-minder.html?m=1

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/05/penyakit-insecure-sering-hinggapi.html?m=1

Berlatihlah dengan tekun, minta bimbingan kepada ahlinya dan nikmati prosesnya, karena proses tak akan menghianati hasil.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar