Cari Blog Ini

Jumat, 24 November 2023

Cara Memainkan Pukulan Ular di Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja identik dengan spin atau putaran bola. Setiap gesekan yang berbeda terhadap bola akan menghasilkan putaran yang berbeda pula. Setiap pemain tenis meja akan senang jika melihat lawannya salah dalam mengantisipasi putaran bola yang kita lakukan. Namun untuk menguasainya, kita perlu melakukan latihan yang tepat. Seperti pukulan ular milik Adam Bobrow misalnya, putarannya akan membingungkan lawan dalam mengantisipasi.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/adam-bobrow-snakeman-selebritis-tenis.html?m=1

Snake shot atau tembakan ular/ pukulan ular adalah jenis pukulan yang khusus digunakan untuk melawan bola drop shot. Biasanya dalam menggesek bola diisi dengan putaran yang berat sehingga lawan kesulitan untuk membalasnya.

Jenis putarannya bermacam-macam tergantung pilihan kita, bisa backspin, sidespin, atau topspin. Untuk dapat menguasai pukulan ular memerlukan latihan, ketenangan dan footwork/ gerak kaki yang luar biasa.

Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu kita dalam mempelajari pukulan ular:

Pukulan ular hanya digunakan pada bola drop shot dari lawan. Biasanya bola drop shot dilakukan oleh lawan ketika kita bermain bertahan dengan posisi mundur jauh dari meja, kemudian lawan memvariasikan serangannya dengan pukulan drop shot untuk mematahkan pertahanan kita, dengan harapan kita kesulitan dan tidak dapat menjangkau bola tersebut. 

Dengan modal footwork yang baik kita dapat dengan cepat bergerak ke qdepan untuk menjangkau bola dan melakukan pukulan ular.

Modal utama sebelum menguasai pukulan ular adalah dengan meningkatkan pertahanan dan melatih footwork dengan baik.

Jika kita sedang berada pada posisi jauh di belakang meja saat menerima gempuran lawan, maka akan tiba saatnya lawan akan mencoba melakukan drop shot. Pada saat itu, kita perlu menyelinap dengan memanfaatkan kelincahan kaki dan memperdaya lawan dengan pukulan ular.

Kita tidak bisa memukul bola jika kita tidak bisa menjangkau ke arah bola. Untuk melakukan tembakan ular, kita harus bergerak sangat cepat menuju meja. Drop shot memiliki pantulan bola yang sangat rendah dan kita harus sangat cepat jika ingin mencoba pukulan ular.

Pukulan ular tidak menjamin kita mendapatkan poin, namun memberi kita keuntungan besar dalam reli yang sedang berlangsung. Tetap siaga setelah melakukan pukulan ular, caranya adalah dengan menebak tembakan lawan sesuai dengan putaran yang dihasilkan dan menjaga agar rally tetap berjalan.

Snake shot/ tembakan ular/ pukulan ular telah menghibur banyak orang di seluruh dunia. Kelihatannya sederhana namun membutuhkan kesabaran dan latihan secara maksimal. Maka teruslah berlatih dan jangan berhenti sampai kita dapat terus menerus mengelabuhi lawan.



Semangat sehat dan salam 🏓

2 komentar: