Cari Blog Ini

Jumat, 03 November 2023

Bet Tenis Meja Terbaik (untuk Pemain Pemula & Menengah)

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Dalam olahraga tenis meja, blade atau bet sebagai alat pemukul bola menjadi prioritas untuk dimiliki oleh setiap pemain. 

Bet tenis meja seperti apa yang terbaik bagi pemain pemula yang ingin meningkatkan keterampilan?

Sebagai pemain pemula, kita tidak perlu harus memiliki bet tenis meja "terbaik". Kita hanya memerlukan bet  yang memungkinkan untuk dapat menghasilkan tingkat putaran yang baik dan mengembangkan perasaan/ kontrol terhadap bola.

Seberapa bagus bet tenis meja yang kita miliki saat ini? Sebagian dari kita sebagai pemula, untuk mengawali berlatih tenis meja dengan cara membeli bet premade di toko olahraga pada umumnya ataupun secara online. Harganya murah, tetapi tanpa kita sadari ternyata bet premade seperti ini manfaatnya tidak sesuai dengan harapan, bahkan kita akan menyadari bet premade tersebut tidak berguna!

Seperti apa sih bet premade itu? Produsen membuatnya dengan kemasan yang terlihat cukup menarik, tetapi biasanya pembeli merasa seperti tertipu setelahnya. Mereka menggunakan foto pemain profesional di sampulnya dan seringkali menamai bet nya dengan nama mereka juga. 

Secara pribadi saya menyarankan untuk menghindari membeli bet tenis meja yang karetnya ditutupi kertas bergambar pemain top di atasnya. Terlihat indah, namun kertas penutup hanya dijadikan kamuflase untuk menyembunyikan kualitas karet yang ada.

Bet premade banyak kita jumpai di toko olahraga maupun online dengan harga murah kisaran di bawah 300 ribuan. Cirinya adalah, karet di kedua sisi sudah terpasang/ menempel di kayunya. Bet premade seperti ini akan sulit digunakan untuk berlatih, apalagi untuk berkompetisi. 

Saya sarankan kepada para pemula yang ingin bermain tenis meja berkelanjutan tidak membeli bet premade (bet jadi). Penting untuk kita pahami, jika kita ingin bermain tenis meja yang "tepat", kita memerlukan bet yang "tepat", dengan kayu dan karet normal yang disetujui ITTF.

Saya merekomendasikan membeli bet dengan kayu dan karetnya secara terpisah di toko langganan kita. Bisa dirakit sendiri atau minta dirakitkan di toko tersebut. Minta saran kepada teman yang paham dengan cara diskusi mengenai karakter bermain agar disesuaikan dengan bet yang akan kita beli. 

Baca juga cara memilih set up terbaik: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/05/tips-memilih-set-up-bet-tenis-meja.html?m=1

Baca juga, video mencoba set up baru di https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/05/mencoba-set-up-baru.html?m=1

Banyak kayu maupun karet merk terkenal tetapi KW (bukan original) berseliweran, maka tetaplah waspada dalam membeli. Jangan mudah tergiur merk terkenal dengan harga murah. Untuk mengawali bermain tenis meja, silahkan beli bet harga murah, tetapi jangan yang murahan ya. Konsultasikan dengan ahlinya, hehehe...


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar