Cari Blog Ini

Selasa, 28 November 2023

Siapa Kuda Hitam dalam Tenis Meja??

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Dalam olahraga kita mengenal adanya pemain unggulan maupun non unggulan pada setiap kompetisi atau pertandingan, termasuk dalam tenis meja. Jika pemain sudah berani terjun ke sebuah kompetisi, itu artinya pemain tersebut sudah siap dengan segala konsekuensinya, baik menang ataupun kalah dalam pertandingan. Dalam suatu pertandingan biasanya ada pemain yang tidak diperhitungkan sebelumnya namun bisa mengalahkan pemain-pemain bagus/ unggulan. Pemain yang tidak diperhitungkan inilah yang biasa kita sebut sebagai kuda hitam.

Kuda hitam adalah seseorang atau pemain yang sebelumnya kurang dikenal, di atas kertas tidak masuk hitungan secara prediksi, namun pada akhirnya dapat membalikkan situasi dengan mengalahkan lawan-lawannya sehingga akhirnya malah berhasil menjadi pemenang atau bahkan juara. 

Atau dengan kata lain kuda hitam atau dark horse juga berarti peserta yang tidak pernah dipikirkan oleh siapapun akan memenangi kompetisi.

Kuda hitam merupakan sebutan yang umum digunakan dalam pertandingan atau kompetisi olahraga termasuk tenis meja. Sebutan kuda hitam ditujukan kepada orang atau tim yang kekuatannya tidak diketahui sebelumnya.

Semua pemain mempunyai peluang untuk menjadi juara, tinggal siapa yang paling siap. Oleh karenanya kita tidak boleh meremehkan siapapun lawan kita, termasuk pemain underdog (pemain yang tidak diunggulkan) sekalipun.

Pemain atau tim dengan kekuatan yang tidak diketahui oleh banyak pihak itu kemudian mengejutkan dengan meraih kemenangan atau melakukan lebih baik dari apa yang diharapkan semua orang, itulah sebutan untuk kuda hitam.

Dalam tenis meja segala kemungkinan dapat terjadi. Bola kecil yang sensitif terhadap sentuhan mengakibatkan pemain harus teliti betul dalam mengolah maupun mengantisipasi bola. 

Pemain dengan pukulan otodidak bisa saja tiba-tiba mengejutkan pemain-pemain unggulan. Terkadang pemain otodidak bergaya santai dan tidak mencerminkan pemain berkemampuan bagus. Pemain seperti ini biasanya bermain lepas/ tanpa beban. Lawan yang menyepelekannya bisa menjadi bumerang dan berbalik si pemain otodidak menguasai dan memenangi pertandingan. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/08/melatih-fokus-dan-konsentrasi-bermain.html?m=1

Tetaplah menjaga fokus dan konsentrasi selama bermain, waspadai setiap lawan yang akan kita hadapi.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar