Cari Blog Ini

Kamis, 30 November 2023

Berpindah Tangan Saat Bermain Tenis Meja, Legal atau Ilegal?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Olahraga raket merupakan jenis olahraga yang mengandalkan keterampilan tangan untuk memainkan alat pemukul, baik bulutangkis, tenis lapangan, squash maupun tenis meja. Tidak hanya itu, kelincahan kaki juga diperlukan untuk menjangkau bola yang jauh dari badan.

Khusus tenis meja yang menggunakan bola dan meja yang berukuran relatif kecil dibandingkan olahraga raket yang lain, pemain dituntut untuk bisa bermain dengan sangat cepat. Koordinasi tangan dan kaki sangat dominan agar bola tetap dalam jangkauan.

Jika bola dari lawan mengarah diagonal ke sisi forehand kita, dan ketika kita dapat menjangkaunya tiba-tiba lawan mengarahkan bola ke sisi jauh backhand kita, sangat menyulitkan bukan? Koordinasi tangan dan kaki berperan sangat penting. Antara kecepatan dan akurasi pukulan sangat tidak mudah dalam situasi bergerak cepat seperti ini. 

Pada kasus di atas, bolehkah pemain memindahkan bet ke tangan kiri seperti layaknya pemain kidal untuk menjangkau bola jauh di sisi backhand kita?

Permainan dalam tenis meja sangat cepat sehingga hanya ada sedikit peluang ketika seorang pemain memiliki waktu untuk berhasil memindahkan bet dari satu tangan ke tangan lainnya dan melakukan pukulan dengan baik. Walaupun demikian, hal tersebut dianggap legal atau sah dan diperbolehkan. Namun, atraksi yang terbilang sulit ini hanya dapat dilakukan oleh pemain sangat terlatih.

Sebut saja Timo Boll, salah satu pemain terbaik dunia dari Jerman ini terkenal karena kemampuannya berpindah tangan di tengah-tengah rally, sehingga seringkali memenangkan poin. 

Pada level lokal Indonesia, pemain amatir senior Edi Rukapi dari Cimahi Jawa Barat beberapa kali terlihat melakukan hal demikian,  memindahkan bet dari tangan kanan ke tangan kirinya "kalau kepepet", hehehe. Bukan hal mudah, tetapi bukan tidak mungkin dilakukan jika dilatih terus-menerus.

Berikut video detik-detik Edi Rukapi melakukan perpindahan bet dari tangan kanan ke tangan kiri, dan poin!

https://vt.tiktok.com/ZSN9o3Euv/

Kasus seperti ini tidak sering dilakukan, tetapi kita melihat pemain profesional sesekali melakukannya, umumnya untuk mencoba dan mencapai bola yang dipukul ke backhand mereka di luar jangkauan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/11/cara-memainkan-pukulan-ular-di-tenis.html?m=1

Tidak ada yang tidak mungkin, trikshot tenis meja dapat dikuasai jika kita mau mempelajari dan berlatih secara intens.


Semangat sehat dan salam 🏓



Tidak ada komentar:

Posting Komentar