Cari Blog Ini

Kamis, 16 November 2023

Pahami Sistem Pertandingannya, Jangan Sampai Salah Taktik dan Strategi dalam Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Dalam pertandingan tenis meja, jumlah babak tergantung pada sistem/ aturan yang berlaku atau diberlakukan oleh panitia pertandingan untuk menentukan pemenang. 

Kita mengenal sistem pertandingan best of seven, best of five dan best of three. Dari ketiga sistem tersebut, yang paling sering digunakan oleh panitia pertandingan adalah sistem best of five. Sistem ini menggunakan lima game terbaik. Artinya, pemain yang mengumpulkan tiga game kemenangan dinyatakan sebagai pemenang pertandingan. Maka akan terjadi score 3-0, 3-1 atau 3-2.

Sedangkan sistem best of seven menggunakan tujuh game terbaik. Artinya, pemain yang mengumpulkan empat game kemenangan dinyatakan sebagai pemenang pertandingan. Maka score yang terjadi adalah 4-0, 4-1, 4-2, atau 4-3. Sistem ini sering digunakan pada pertandingan perorangan internasional.

Lain lagi dengan sistem best of three, pemain dianggap memenangi pertandingan jika dapat menang dua games terlebih dahulu. Score yang terjadi adalah 2-0 atau 2-1. Sistem ini karang populer, karena panitia pertandingan jarang yang menerapkan sistem ini. Best of three juga merugikan pemain bermesin diesel atau lambat panas. Pahami sistem pertandingannya, jangan salah menerapkan strategi. Karena dalam sistem best of three, jika kita terlambat menganalisis dan menakar kekurangan dan kelebihan lawan, game pertama akan mudah direbut lawan. Sementara untuk memenangkan pertandingan hanya cukup menang dua game, sehingga langkah kita semakin berat.

Untuk pertandingan pada turnamen amatir atau kelas penghobi, para pemain lebih familiar dengan sistem best of five. 

Tetapi sebagai pemain kita hanya bisa mengikuti rule yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara pertandingan. Lakukan saja tugas kita untuk bermain sebaik mungkin dengan cara mengeluarkan semua kemampuan agar dapat menjadi pemenang dalam setiap pertandingan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/07/bagaimana-strategi-memenangkan.html?m=1

Tetaplah sportif apapun hasilnya, akui keberhasilan lawan jika kita kalah. Tetapi tetaplah menjadi pribadi yang rendah hati walaupun kita sedang berada di puncak keberhasilan.


Semangat sehat dan salam 🏓




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar