Cari Blog Ini

Rabu, 29 November 2023

Seeded Players Tenis Meja, Apa Maksudnya?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja merupakan olahraga yang dipertandingkan dengan mengedepankan keterampilan pemainnya. Selalu ada pemain yang diunggulkan dalam suatu pertandingan, dan pemain unggulan inilah biasanya ditempatkan sebagai seeded.

Apa itu seeded?

Seeded players (SP) adalah pemain unggulan yang sengaja dipilih berdasarkan prestasinya, yang diharapkan bermain sampai babak-babak akhir sehingga kualitas pertandingan semakin baik dan enak dinikmati oleh penonton. 

Seeded/ unggulan tentu terbagi menjadi beberapa pemain, sehingga penempatannya dalam bagan pertandingan harus diundi tersendiri agar tidak saling bertemu di babak awal.

SP1 (baca: Seeded Player 1) misalnya, harus dipasang di bagan seeded atas. SP2 ditempatkan di bagan seeded bawah. SP3 ditempatkan di bagan seeded tengah atas. SP4 ditempatkan di bagan seeded tengah bawah dan seterusnya. Ini yang seharusnya dilakukan oleh panitia saat pengundian pemain dalam teknikal meeting. 

Mengadakan sebuah turnamen adalah hal yang sulit. Bahkan untuk turnamen mini (peserta terbatas) saja, ada banyak hal yang harus kita pertimbangkan. Pertama yang harus dipertimbangkan adalah format yang adil dan tepat. Yang kedua adalah seeding untuk semua peserta dalam turnamen tersebut.

Panitia dan peserta teknikal meeting menentukan pemain unggulan, membuat ranking awal untuk beberapa peserta yang terdaftar dalam turnamen. Ranking inilah yang disebut sebagai seed atau seeding.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/07/teknikal-meeting-tenis-meja-oleh.html?m=1

Seeding berfungsi “menempatkan” peserta ke dalam bagan atau grup pertandingan di posisi yang sudah ditentukan. Ini membuat bagan terbentuk sedemikian rupa agar sebaran kekuatan tiap pemain menjadi lebih seimbang.

Kenapa Seeding harus dilakukan dengan benar?

Kalau memang jago, harusnya pemain bisa mendominasi turnamen siapapun lawannya, iya kan? Tidak adil rasanya jika peserta dengan seeding tengah atau bawah selalu bertemu dengan peserta seeding tinggi. Ini tentu membuat pemain yang kemampuannya kurang menjadi tidak punya peluang untuk melaju jauh di turnamen.

Seeding yang baik sangat penting untuk peserta maupun penyelenggara turnamen. Seedeng yang baik dan objektif menentukan siapa peserta terbaik dalam situasi yang adil. Hasil ini dapat menjadi barometer kualitas penyelenggara pertandingan, dalam hal ini penitia atau Event Organizer (EO). 

Sangat disayangkan jika ada pemain unggulan angkat koper di babak awal hanya karena mendapatkan bagan yang buruk, kualitas pertandingan menjadi kurang menarik di babak final.

Jika kasus seperti ini terjadi, penggemar pemain unggulan yang sudah gugur mungkin enggan menonton. Penyelenggara akhirnya kehilangan audience. Selalu belajar dari pengalaman dalam menentukan seeded, divisi, time table dan lain-lain. Keep spirit..


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar