Cari Blog Ini

Kamis, 02 November 2023

Konsep dan Manfaat Sparing Partner pada Tenis Meja



Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Istilah sparing partner sudah cukup populer di kalangan olahraga, terutama pecinta tenis meja. Sebenarnya apa sih arti dari istilah sparing partner dan apa juga manfaatnya?

Dalam sinonim, sparing partner berarti latih tanding. Namun istilah ini masih banyak disalah artikan oleh sebagian orang. Yuk baca sampai selesai agar kita paham tentang konsep dan manfaat sparing partner dalam tenis meja!

Istilah sparing pertama kali digunakan dalam olahraga tinju yang merujuk pada kegiatan latih tanding. Seiring berkembangnya olahraga pertandingan, istilah sparing kini juga sudah biasa digunakan dalam berbagai olahraga, termasuk pada tenis meja. 

Sparing partner adalah jenis latihan bertanding yang melibatkan pihak lain sebagai partner dalam latihan. Kegiatan latihan menjadi lebih menantang dan terasa seperti pertandingan sungguhan.

Tujuan diadakannya sparing partner adalah untuk memberikan pengalaman kepada para pemain untuk bisa merasakan suasana seperti pertandingan sesungguhnya dalam sebuah kompetisi. Sparing partner atau latih tanding juga dapat dimaknai sebagai sebuah simulasi pertandingan atau pertandingan uji coba.

Manfaat Sparing Partner

Beberapa manfaat latih tanding dalam tenis meja diantaranya:

Mengasah Kemampuan

Kemampuan atau skill pemain dapat diperagakan pada ajang latih tanding ini, sehingga kemampuan seorang pemain akan dapat berkembang seiring dengan pengalaman bertanding yang didapatkan.

Menakar Kemampuan

Pemain dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya dalam bermain, sehingga pemain dapat menilai sejauh mana kemampuan penguasaan teknik yang dikuasai. 

Evaluasi 

Latihan dengan konsep bertanding dapat digunakan oleh pemain maupun pelatih sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan demi meningkatkan kemampuannya dalam bertanding.

Mendapatkan Pengalaman

Manfaat yang paling dirasakan saat mengikuti sparing partner adalah untuk mencari pengalaman. Selain penguasaan teknik, dalam sebuah pertandingan tenis meja juga diperlukan strategi yang tepat, sehingga dapat memenangkan pertandingan.

Konsep sparing partner menjadi metode yang sangat bermanfaat untuk mengasah keterampilan, daya tahan dan strategi bermain.

Bagaimana strategi untuk memenangkan pertandingan?  Yuk baca juga di sini: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/07/bagaimana-strategi-memenangkan.html?m=1

Bagaimana, kalian menjadi tertarik mencari lawan untuk latih tanding? Ayo mulailah perjalanan sparing kalian dengan penuh keseruan dan dapatkan manfaatnya.


Semangat sehat dan salam 🏓


 

4 komentar:

  1. artikel yang sangat membantu dan bermanfaat. trm ksh Pak Kas yang selalu memberikan pencerahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali supportnya, semoga bermanfaat 🙏

      Hapus
  2. Thank you mr kasmono.. tulis tulisan anda selalu saya baca namun baru kali ini ingin komen he he he ...cakep teruslah menulis sampai anda dikira wartawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. In Sha Allah. Semoga bermanfaat dan terimakasih untuk supportnya om 🙏

      Hapus