Cari Blog Ini

Jumat, 17 November 2023

Cara Mencegah dan Solusi Agar Karet Tidak Menciut


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Bicara olahraga tenis meja tak bisa lepas dengan yang namanya bet/ blade (alat pemukul, karena tanpa alat ini kita tak bisa memainkannya. Meja, net dan bola adalah peralatan lain yang wajib ada.

Bet terdiri dari material kayu yang dilapisi karet untuk menghasilkan efek pantul terhadap bola. Untuk pemain tingkat lanjut, karet menjadi peralatan yang sangat diperhatikan selain kayunya itu sendiri. 

Karena karet berharga mahal, maka pemakainya akan merawatnya dengan hati-hati. Karet mempunyai masa pakai tertentu, semakin lama pemakaian maka akan semakin turun tingkat kualitasnya. Pada pemain semi pro atau profesional yang latihan rutin hampir setiap hari, pada usia karet 3-6 bulan biasanya akan diganti dengan yang baru.

Pada pemain amatir fleksibel saja, jika karet dirasa sudah tidak enak dipakai maka baru akan menggantinya dengan yang baru atau karet second copotan yang masih layak, tidak absolut harus ganti dengan yang baru.

Tetapi terkadang ada masalah lebar karet yang tidak pas dengan kayunya ketika memasang karet second copotan. Karet menciut adalah keluhan yang sering kita dengar dari teman-teman.

Sebenarnya apa sih penyebab karet bisa menciut? Dari beberapa pengalaman dan pengamatan, ada beberapa penyebab yang menjadikan karet menciut saat dilepas dari kayunya.

Efek boosting dari pabrik

Karet baru yang sudah menggunakan teknologi tensor dan sejenisnya, kebanyakaan produsen sudah memboosting karet-karet tersebut, sehingga efeknya tidak permanen, biasanya setelah 3 atau 4 bulan sudah berkurang/ hilang.

Penggunaan Speed Glue/ Lem minyak

Pemasangan karet menggunakan lem minyak biasanya akan berefek karet menciut, karena saat merekatkan sedikit ada penekanan dan efek tarikan oleh lem minyak tersebut.

Tekanan saat memasang

Yang sering kita lihat biasa saat memasang karet sambil ditekan-tekan atau di roll dengan tujuan agar lebih kuat menempel.  

Cara pencegahan agar karet tidak menciut, diantaranya:

Hindari  menggunakan lem minyak/ speed glue (karena memang sudah dilarang), tetapi gunakan lem air/ WBG (Water Base Glue)

Hindari menekan dengan cara di roll, karena akan mengakibatkan karet melar. Cukup tekan secukupnya saja.

Saat melakukan pengeleman usahakan dua lapis, tempelkan karet jika sudah benar-benar kering.

Tetapi bagaimana jika karet sudah terlanjur menciut?

Solusinya tak lain dan tak bukan adalah dengan booster, booster dan booster. Cairan booster dapat dibeli dengan berbagai merk. Kita juga dapat melakukan booster sederhana menggunakan baby oil (beberapa kali penulis lakukan dan berhasil).

Setelah proses booster selesai dan karet sudah melebar sesuai keinginan kita, lakukan pengeleman kembali dengan menggunakan WBG.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/tips-memasang-karet-tenis-meja-agar.html?m=1

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/04/booster-karet-tenis-meja-bolehkah.html?m=1

Lakukan pengeleman maupun pelepasan karet dengan tidak terburu-buru agar hasilnya memuaskan. Selamat mencoba!


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar