Cari Blog Ini

Rabu, 15 November 2023

Persiapan Penting dalam Pertandingan Beregu Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Dalam tenis meja mengenal adanya pertandingan perorangan dan beregu. Tentu keduanya mempunyai level tekanan mental yang berbeda bagi setiap pemainnya. Ada hal penting yang harus disiapkan dalam pertandingan beregu.

Baik pertandingan perorangan maupun beregu sama-sama membutuhkan teknik yang mumpuni untuk bisa memenangkannya. Taktik dan strategi juga tak kalah pentingnya dalam berperan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Namun untuk pertandingan beregu, ada beberapa hal penting yang perlu mendapat perhatian dalam persiapannya, apalagi jika interval waktunya lumayan dekat antara pertandingan yang satu dengan lainnya.

Yang dapat dilakukan oleh setiap pemain pastinya menjaga kondisi, stamina, dan fisik jangan sampai sakit. 

Pelatih juga harus menyiapkan teknik dan strategi. Selain itu, kekompakan tim juga hal yang penting untuk dijaga, karena tekanan mental pada pertandingan beregu memiliki level yang berbeda.

Yang juga tak kalah penting ada di sisi pelatih dan pimpinan project-nya adalah untuk menjaga kebersamaan. Dalam pertandingan beregu biasanya ada manajer tim atau CDM (Chief de Mission), tugas mereka itu penting untuk mengatur keseluruhan tim baik secara teknis maupunl non teknis. Mereka bertugas untuk menjaga kekompakan dan kebersamaan. Komunikasi, kebersamaan, dan strategi memiliki porsi yang sama pentingnya.

Energi masing-masing pemain bisa ditransfer kepada teman lainnya pada sebuah tim. Kalau kita semangat, teman-teman yang lain juga bisa terbawa semangat. Tapi kalau kita tidak all out, merasa tertekan, itu juga bisa berpengaruh kepada tim. Jadi kekompakan tim harus terus dijaga untuk terus semangat dan saling mendukung.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/10/pakaian-bertanding-tenis-meja.html?m=1

Anggota tim harus saling melengkapi satu sama lain. Kita harus tetap terlihat semangat walaupun apa yang kita lakukan tak bermanfaat.


Semangat sehat dan salam 🏓




Tidak ada komentar:

Posting Komentar