Cari Blog Ini

Jumat, 10 November 2023

Tips Membaca Permainan Lawan pada Tenis Meja



Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat




Tenis meja identik dengan putaran bola. Pemain dituntut untuk menguasai dan memahami putaran bola dan cara mengantisipasinya. Putaran bola akan tergantung dari cara pengambilan pukulannya,  pada titik kontak di bagian mana dari bolanya. Perlu kejelian bagaimana cara membaca permainan calon lawan yang akan kita hadapi. Membaca permainan lawan merupakan bagian dari strategi, dibutuhkan pemikiran untuk bermain cerdas.

Kelebihan dan kekurangan lawan harus kita ketahui sebelum bermain. Kita harus membuka catatan tentang calon lawan, tipe permainannya seperti apa. Atau jika calon lawan baru pertama kali bertemu di pertandingan, sebaiknya cari tahu melalui teman atau cari di media YouTube jika memungkinkan. 

Intip cara bermain lawan!! Ketika calon lawan melakukan pemanasan, kita dapat melihat cara memukulnya. Tipe bermain calon lawan  juga harus kita analisis, tipe bertahan, menyerang, atau all round.

Jika tidak sempat, manfaatkan saat kita melakukan pukulan stroke dengan calon lawan sesaat sebelum pertandingan dimulai. Tidak hanya sekedar melakukan pemanasan ketika stroke, tetapi sambil merasakan gambaran kelebihan dan kekurangan calon lawan. Pelajari pukulan apa yang dikuasainya dan perhatikan kekurangannya. Rasakan kekuatan putaran bolanya saat dia memukul bola. Setiap pemain pasti menyembunyikan pukulan andalannya saat stroke, tetapi setidaknya kita bisa menganalisis pukulannya secara sederhana.

Tips selanjutnya adalah dengan memeriksa bet lawan, hal ini diperbolehkan untuk saling memeriksa. Lihat jenis kayu dan karetnya, baik karet yang digunakan di bagian forehand maupun backhand. Dari bet yang digunakan kita bisa membayangkan tipe permainan lawan seperti apa. Atau jika kita belum paham dengan karakter bet yang dipakai lawan, dapat kita tanyakan kepada coach yang mendampingi kita. Sampaikan dan tanyakan saja kepada coach bahwa si lawan memakai kayu A, karet B di forehand dan karet C di backhand (misalnya). Dengan harapan kita akan mendapatkan jawaban dari coach tentang gambaran karakter bermain lawan, sehingga akan membantu kita dalam menghadapinya selama pertandingan.

Pertandingan tenis meja diawali dengan pukulan servis, perhatikan dengan cermat kualitas putaran bolanya, berpikir cerdas dan ambil keputusan secara cermat dan cepat untuk mengantisipasinya. Selama pertandingan kita dituntut untuk menjaga konsentrasi agar tidak salah mengantisipasi datangnya bola dari lawan. Kuasai permainan dengan cara menekan lawan pada bagian yang menjadi kelemahannya. Jangan biarkan lawan memanfaatkan pukulan-pukulan andalannya. Terapkan taktik dan strategi dengan bermain cerdas.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/cerdas-bermain-tenis-meja.html?m=1

Jangan sampai kita tidak tahu sama sekali kelebihan dan kekurangan lawan. Jika ini terjadi, maka kita akan mengalami kendala dalam menerapkan taktik dan strategi bermain. 


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar