Cari Blog Ini

Senin, 13 November 2023

Kesalahan Pemula dalam Tenis Meja dan Solusi Memperbaikinya

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Bermain tenis meja tak bisa dipisahkan dengan yang namanya teknik pukulan. Bagi pemula, wajib belajar keterampilan dasar seperti melakukan servis, menerima servis dan mendorong/ memukul bola.

Sebagian besar pemain pemula usia dewasa pernah bermain tenis meja sebelumnya, namun sebagian besar belajar secara otodidak dan hanya bermain untuk bersosialisasi di lingkungan tempat tinggal. Jadi mereka termasuk dalam kategori pemula walaupun secara usia sudah dewasa.

Seringkali kita melihat pemain pemula berlatih, dan kita melihat beberapa kesalahan yang dilakukannya. Kesalahan tersebut umum bagi pemain pemula, termasuk bagi penulis.

Setiap kesalahan perlu diperbaiki, tetapi apa yang harus kita lakukan? Jika kita termasuk pemain pemula, artikel ini sepertinya pantas kita baca sampai selesai.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian besar pemain pemula antara lain:

Memegang bet terlalu erat

Jika bet kita pegang terlalu erat, otot pergelangan tangan dan lengan juga akan tegang. Kita juga akan lebih sulit mengubah sudut pukulan ketika berpindah dari satu pukulan ke pukulan lainnya, misalnya pukulan forehand ke pukulan backhand, sehingga pukulan nenjadi tidak konsisten. 

Cobalah untuk memegang bet dengan cengkeraman lebih longgar. Dengan begitu, pergelangan tangan kita fleksibel dan lebih banyak untuk menghasilkan putaran. Kita akan lebih mudah memainkan pukulan dengan cepat, karena tubuh lebih rileks dan dapat bergerak lebih leluasa.

Berdiri terlalu dekat dengan meja

Kita akan kesulitan mengembalikan bola jika posisi berdiri kita terlalu dekat dengan meja, karena kita tidak mempunyai ruang untuk melakukan pukulan. Aturlah jarak dengan meja sekitar 30-50 cm.

Berdiri dengan kaki kanan ke depan (untuk yang kanan)

Pemain pemula sering melakukannya saat memainkan pukulan backhand. Sebetulnya sudah benar jika melakukan pukulan backhand chop misalnya, kaki kanan masuk ke depan. Tetapi jangan dominan selama pertandingan, karena akan mengalami kesulitan jika pukulan berubah ke arah forehand.

Sebaiknya berdirilah dengan kaki sejajar dengan meja (tenis meja modern) atau kaki kanan sedikit lebih ke belakang daripada kaki kiri. Dalam tenis meja modern, posisi kaki kanan lebih sedikit ke belakang dari pada kaki kiri merupakan sikap standar yang digunakan sebagian besar pemain. Pada posisi ini kita masih bisa melakukan pukulan backhand, tetapi jauh lebih mudah untuk beralih ke pukulan forehand dan memainkan pukulan forehand yang kuat. Untuk pemain kidal, lakukan sebaliknya (bermainlah dengan kaki kiri sedikit lebih ke belakang daripada kaki kanan).

Kontrol ayunan bet 

Pukulan yang tidak konsisten seringkali disebabkan oleh pengendalian ayunan bet yang tidak stabil saat terjadi kontak bola. Untuk kontrol yang lebih baik, pastikan sudut kepala bet saat memukul bola sedikit menutup, dan pertahankan secara konsisten dengan genggaman tangan yang rileks.

Memukul bola terlalu keras

Jika kita memukul bola tanpa teknik yang benar, akan mengakibatkan banyak kesalahan. Akan jauh lebih mudah untuk memulai mempelajari teknik dengan lebih pelan. Bermainlah dengan kekuatan 70-80%, daripada berusaha menghancurkan bola hingga berkeping-keping.

Sebaliknya, pelan-pelan saja. Jauh lebih mudah untuk mempelajari teknik yang lebih baik jika Anda memulainya dengan lebih lambat. Dan jika Anda ingin memukul bola lebih keras, pikirkan untuk bermain dengan kekuatan 70%-80%, daripada mencoba menghancurkan bola hingga berkeping-keping dengan kekuatan penuh. Kontrol yang baik dengan teknik yang baik akan menghasilkan penempatan bola yang bagus dan konsistensi yang tinggi dibandingkan dengan pukulan kuat yang tak terkendali.

Pertahankan selama mungkin bola berada di atas meja saat berlatih dan minimalisir kesalahan, sehingga kita merasa seperti pemain bagus. Dibutuhkan banyak berlatih untuk meningkatkan level permainan kita.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/05/skill-dasar-tenis-meja.html?m=1

Dapatkan lebih banyak literasi cara bermain dan informasi seputar tenis meja, silahkan kunjungi website https://kasmonomonex.blogspot.com



Semangat sehat dan salam 🏓



Tidak ada komentar:

Posting Komentar