Cari Blog Ini

Rabu, 13 September 2023

Apa yang menjadi prinsip utama dalam tenis meja?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Olahraga tenis meja terbilang sulit dipelajari bagi sebagian orang, namun jika mempunyai niat dan kesungguhan yang kuat akan terasa lebih mudah untuk menguasai olahraga permainan ini.

Bicara tenis meja tidak bisa lepas dari bagaimana berlatih penguasaan teknik-teknik permainannya. Ada prinsip-prinsip yang wajib kita kuasai agar permainan kita cepat meningkat.

Teknik memukul bola tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Kita harus tahu cara berlatih yang efektif dengan cara yang benar. Karena bermain tenis meja identik dengan putaran bola, prinsip yang harus dikuasai oleh pemain adalah "feeling", apa yang harus kita lakukan dengan putaran bola yang datang dari arah lawan. Jika kita tidak tahu tentang hal ini, maka ke depannya permainan kita tidak bisa meningkat dengan cepat bahkan setelah bertahun-tahun berlatih.

Untuk peningkatan yang cepat, pelatih dan pemainnya harus memahami prinsip dalam tenis meja. Luangkanlah waktu dan terapkan pada rutinitas latihan, maka kemampuan tenis meja kita akan meningkat signifikan.

Focus on "feeling" atau fokus pada “rasa” harus benar-benar kita kuasai untuk kualitas pukulan yang baik. Sebagian dari kita hanya memukul bola tanpa perasaan memutar bola,  sehingga kualitas pukulan menjadi rendah karena kita tidak mengendalikan putaran.

Cara paling sederhana untuk meningkatkan feeling yaitu dengan berlatih multi-ball, walaupun tanpa didampingi pelatih sekalipun.

Cobalah untuk membentuk dan menciptakan putaran bola dengan “fokus pada rasa”, sehingga juga akan meningkatkan mekanisme pukulan.

Jadi ingatlah, feeling sangat penting, dan ketika kita menguasainya, kita bisa mencoba memukul keras dan semakin keras. Jangan memukul keras tanpa merasakan bola!!

Dan jika kita bisa menjaga fokus pada putaran bola, maka hal ini akan membantu kita meningkatkan kontrol.

Jika kita memiliki kebiasan buruk dengan mekanisme-pukulan yang buruk, kita harus segera memperbaikinya dengan fokus pada feeling. .

Selain prinsip feeling terhadap putaran bola, kita juga harus memahami bagaimana "hit by the legs” atau "memukul dengan kaki-kaki”, ini salah satu contoh videonya:


China sebagai kiblatnya tenis meja dunia, para pelatih selalu menekankan kepada pemainnya untuk melakukan pukulannya dengan kaki. Artinya, dalam proses memukul seluruh tubuh juga ikut digunakan yang diawali dari kaki, pinggang dan lengan. Dengan cara ini pukulan akan menjadi lebih kuat dan konsisten. Inilah rahasia para pemain China mengapa bisa melakukan pukulan dengan sangat keras dan berkualitas.

Untuk memaksa bergerak dan memukul dengan memutar tubuh, kita harus perhatikan dan jaga siku serta lengan bawah agar tidak bergerak bebas. Tangan (lengan bawah) hanya sebagai alat untuk mentransfer tenaga ke bola dari kaki dan tubuh. Memukul bola dengan memutar tubuh adalah mekanisme terbaik dalam tenis meja, sehingga kita harus mempelajari dalam setiap latihan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/03/bagaimana-agar-prestasi-tenis-meja-bisa.html?m=1

Beberapa diantara prinsip tenis meja tersebut harus dilatih dengan tekun untuk menghasilkan kualitas pukulan. Asah feeling terhadap putaran bola dengan latihan serius dan suasana gembira.


Semangat sehat dan salam 🏓

2 komentar:

  1. Feeling juga bisa dipengaruhi suasana hati...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak Rudi, maka dari itu berlatihlah dalam suasana gembira. Tks 🙏

      Hapus