Cari Blog Ini

Selasa, 19 September 2023

Belajar Taktik Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Bermain tenis meja tidak hanya soal bagaimana memukul bola. Banyak hal yang harus kita pelajari untuk tujuan memenangkan pertandingan, salah satunya adalah belajar taktik.

Dengan mempelajari taktik, kita akan tahu bagaimana seharusnya kita memukul bola; apakah ke arah forehand lawan, pertengahan, backhand, atau harus memukul panjang, atau pendek.

Taktik sangat membantu kita dalam upaya  mematikan kekuatan lawan, dan memaksa lawan untuk bermain mengikuti gaya permainan kita.

Dalam suatu pertandingan, kita membutuhkan jasa coach yang duduk di pinggir lapangan untuk memberikan arahan kepada  kita. Coach akan menganalisis pertandingan dan akan memberikan coaching atau masukan berupa taktik bagaimana cara mengantisipasi lawan. 

Menguasai dan memiliki taktik untuk menyerang adalah modal yang baik untuk memenangkan pertandingan, karena dengan melakukan taktik yang tepat akan dapat menghancurkan pertahanan lawan. 

Beberapa taktik dan strategi dalam permainan tenis meja diantaranya:

Kelemahan lawan harus kita ketahui terlebih dahulu sebelum bertanding. Jika tidak memungkinkan karena baru pertama bertemu, kelemahan lawan akan diketahui pada saat kita sedang bermain dengannya. Kita harus bermain sambil melakukan analisis kelemahan lawan. Seorang coach juga bisa diandalkan untuk hal ini.

Taktik tenis-meja terbaik adalah bagaimana kita dapat menjaga bola dalam permainan lebih lama dari lawan. Dengan menjaga konsistensi semua pukulan, kita akan memenangkan poin secara default, karena lawan akan membuat unforced error. Ini tentu membutuhkan latihan pola bermain secara intens.

Taktik mengubah kecepatan, spin dan arah bidikan sangat baik dilakukan. Bayangkan saja jika selama bermain kita melakukan pukulan dan arah yang monoton, tentu lawan akan dengan mudah memposisikan diri guna mengantisipasi bola dari kita. Untuk itu, gabungkan serangan antara kecepatan, spin dan arah secara random.

Tetapi perlu diketahui, bermain tenis meja tak selamanya menyerang, terkadang kita tidak dapat melakukan serangan karena bola datang saat akan dipukul dikembalikan selalu lebih rendah dari net. Kesempatan menyerang menjadi lebih sedikit, dibutuhkan analisis yang jitu untuk menerapkan taktik yang sesuai dengan permainan yang sedang berjalan.

Baca juga, Bagaimana Strategi Cara Memenangkan Pertandingan di Klik di Sini

Improvisasi di tengah pertandingan sah-sah saja kita lakukan agar lawan menjadi bingung membaca taktik dan strategi yang kita terapkan.

Tetaplah fokus selama bermain sebelum wasit menyatakan salah satu dari pemain dinyatakan sebagai pemenang.


Semangat sehat dan salam 🏓





2 komentar: