Cari Blog Ini

Kamis, 14 September 2023

Pentingkah Posisi Kontak Bola pada Tenis Meja?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Putaran bola atau spin pada tenis meja sangat menentukan kualitas dari suatu pukulan. Semakin banyak putaran yang dihasilkan oleh pukulan akan semakin sulit diantisipasi oleh lawan. Dalam hal ini, posisi kontak bola menjadi penting untuk diperhatikan.

Untuk menghasilkan pukulan yang baik, di mana seharusnya kontak bola yang tepat? Jika kita memukul bola dengan posisi kontak bola yang berbeda-beda, maka pukulan saat stroke mengalami penurunan konsistensi.

Agar stroke menjadi stabil, pukul lah bola pada posisi yang sama dan tepat, dan inilah yang kita sebut dengan "timing".

Banyak pemain melakukan kesalahan mengantisipasi bola akibat timing yang tidak tepat. Perbaiki posisi kontak pada bola / fixed the contact posistion dengan cara "tunggu bola, dan perbaiki posisi sebelum memukul".

Lakukan latihan ini berkali-kali, sehingga akan membentuk satu kebiasaan baik dan mekanisme yang bagus dalam memukul bola. 

Latihan stroke bermanfaat sebagai kalibrasi untuk melatih bagaimana memukul bola pada posisi yang sama dan tepat, sehingga konsistensi dan kualitas pukulan akan tetap terjaga.

Agar selalu ingat tentang timing: tunggu sampai posisi optimal sebelum memukul bola, jangan buru-buru memukul bola kemudian gagal. Jangan buru-buru memukul bola sementara kita tidak tahu, di posisi mana kita memukul bola.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/07/mengapa-timing-dan-rhythm-sering.html?m=1

Posisi kontak bola terbagi menjadi beberapa bagian, antara posisi jam 0 sampai 12. Posisi teratas pada jam 12 dan posisi terbawah jam 6.

Posisi kontak bola normal tertinggi ada di jam 3, dimana pada posisi ini pas untuk pengambilan pukulan topspin yang akan memberikan kecepatan bola secara maksimal.

Namun jika menggunakan karet tacky seperti produk China, kita dapat memukul bola dengan jangkauan yang lebih luas (antara jam 12 hingga jam 5). Ini bertujuan untuk menambah putaran, dan inilah keunggulan karet China yang keras dan lengket.

Untuk pukulan chop atau backspin, kita dapat mengontak bola bagian bawah pada posisi jam 3 hingga jam 6.

Inilah pentingnya kontak bola pada tenis meja agar pukulan dan timing menjadi optimal.

Teruslah diasah dan jangan bosan ketika berlatih, usaha tak akan mengkhianati hasil.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar