Cari Blog Ini

Senin, 04 September 2023

Benarkah Pertahanan Terbaik adalah Menyerang (dalam Tenis Meja)??


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Tenis meja merupakan olahraga unik yang sulit diprediksi, semua bisa terjadi tanpa kita duga sebelumnya.

Dalam olahraga ada filosofi yang mengatakan pertahanan terbaik adalah menyerang. Apakah dalam tenis meja ada yang seperti itu, dimana pemain bertahan/ defense akan "menyerang" terlebih dulu kepada para penyerang/ pemain offensive sebelum masuk ke pertahanan yang lebih dalam? Sepertinya terdengar agak lucu, tetapi harus dilihat dengan porsi masing-masing.

Idealnya adalah, kita harus secara rutin "menyerang diri sendiri" supaya kita bisa mengidentifikasi bagian-bagian mana yang bermasalah dan dapat dimanfaatkan oleh lawan.

Artinya, kita harus banyak-banyak melakukan evaluasi, bagian mana saja yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan agar kelemahan yang kita miliki tidak mudah ditembus pemain lawan.

Ada beberapa fase dimana kita harus melakukan pengujian skill (baca: sistem) yang kita miliki.

Sebelum sistem dibuat, harus dipikirkan apakah arsitektur sistem memiliki cacat desain atau tidak. Dapat diartikan bahwa cara memukul bola apakah sudah benar atau belum.

Saat sistem dibangun pastikan implementasi tidak menyalahi kaidah-kaidah bagaimana gerakan cara memukul yang benar, dan menggunakan komponen-komponen pendukung (bet dan karet) yang baik menurut ketentuan yang telah ditetapkan. Saat sistem berjalan pastikan pengujian dilakukan secara rutin untuk setiap fungsi dan alat dari sistem.

Filosofi pertahanan yang baik adalah menyerang ada benarnya juga. Tetapi dengan catatan, jika menyerangnya sudah dengan cara dan dengan teknik pukulan yang benar. Jika bekal tersebut tidak disiapkan, maka pemain yang mempunyai pertahanan yang baik lah yang akan keluar menjadi pemenang.

Dalam tenis meja, menyerang maupun bertahan sama-sama penting. Jika kita bisa mengkolaborasikan keduanya, kita akan menjadi pemain hebat. Baik menyerang ataupun bertahan, terpenting adalah bagaimana kita bisa mengumpulkan poin demi poin secara konsisten untuk meraih kemenangan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2022/12/kompetisi-tenis-meja-sebagai-barometer.html?m=1

Temukan karakter bermain kita dan berusaha untuk menjadi diri sendiri. Teruslah digali dan diasah kemampuan yang ada pada diri kita, dan nikmati prosesnya.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar