Cari Blog Ini

Sabtu, 02 September 2023

Mengalami Badan Pegal Usai Bermain Tenis Meja?? Jangan Cemas !!

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Badan pegal usai melakukan latihan tenis meja, hampir semua pemain pernah mengalami. Kondisi ini merupakan hal yang wajar, terutama jika kita sudah lama tidak berolahraga. Tidak perlu cemas, tetapi juga tidak boleh diabaikan.

Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) adalah istilah lain dari rasa nyeri dan pegal di beberapa bagian tubuh setelah berolahraga, termasuk tenis meja yang biasanya dialami oleh kita yang baru memulai latihan kembali atau latihannya jarang-jarang.

Istilah DOMS terjadi karena adanya peradangan 24-48 jam setelah olahraga intensif akibat robekan kecil dalam otot yang memicu proses peradangan, yaitu 24-48 jam setelah latihan intensif.

Rasa pegal di bagian paha, sekitar perut, lengan, dan betis membuat pergerakan menjadi terbatas. Beberapa keluhan seperti itu tak perlu dirisaukan walaupun cukup mengganggu aktivitas, karena DOMS akan sembuh secara perlahan dalam hitungan hari.

Tips meminimalisir badan pegal usai latihan tenis meja:

Pemanasan dan Peregangan Otot

Gerakan pemanasan sangat dianjurkan, karena dapat membantu melenturkan otot sehingga tidak kaget saat melakukan gerakan. Hal ini dapat meminimalisir resiko nyeri otot dan pegal linu setelahnya. Lakukan pemanasan dan peregangan dengan gerakan-gerakan sederhana, sesuaikan dengan gerakan ketika bermain setidaknya selama 10 menit sebelum berlatih/ bermain.

Cukupi Cairan Tubuh

Tubuh kita akan banyak kehilangan cairan tubuh selama latihan. Tenis meja dengan gerakan yang kompleks akan memaksa tubuh kita berkeringat. Minumlah lebih banyak untuk menggantikan cairan tubuh yang keluar melalui keringat. Kekurangan cairan dapat memperlambat proses pemulihan tubuh usai berlatih akibat darah yang mengental dan juga memicu nyeri otot dan pegal pada tubuh. Siapkan dan minumlah selama berlatih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Cooling Down/ Pendinginan

Selesai latihan kita juga harus melakukan cooling down/ pendinginan seperti halnya melakukan pemanasan saat akan memulai latihan. Hal ini dilakukan agar otot menjadi lebih rileks kembali setelah melakukan gerakan-gerakan selama latihan.

Mandi Air Dingin dan Pijat Ringan

Untuk mengurangi badan pegal usai latihan, mandi air dingin dan pijatan ringan dapat dicoba untuk menstimulasi penyembuhan pada otot sehingga tubuh bisa rileks kembali.

Minum Obat 

Selain beberapa cara di atas dalam menghilangkan rasa pegal usai menjalani latihan, lakukan langkah bijak dengan berobat ke dokter keluarga jika pegal tak kunjung hilang atau minum obat pereda pegal linu.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/06/cara-recovery-setelah-berlatih-tenis.html?m=1

Berlatihlah sesuai porsi dan lakukan gerakan-gerakan yang benar sesuai arahan pelatih.


Semangat sehat dan salam 🏓

4 komentar:

  1. Terimakasih supportnya pak Rudi 🙏

    BalasHapus
  2. Saya pernah beberapa kali jantung berdegup kencang ketika main pingpong, kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya periksakan ke dokter untuk memastikannya om.
      Jangan terlalu dipaksakan, selalu perhatikan signal tubuh kita, kapan kita harus berhenti latihan, yg paham diri kita sendiri om..

      Hapus