Cari Blog Ini

Jumat, 01 September 2023

Kontroversi Bola Masuk atau Keluar saat Bola Menyentuh Bagian Pinggir Meja pada Tenis Meja


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Tenis meja atau pingpong merupakan olahraga permainan bola kecil yang cepat dan membutuhkan konsentrasi tinggi dalam memainkannya. Kontroversi bola masuk/ keluar sering terjadi ketika bola mengenai bagian pinggir meja permainan.

Untuk mengetahui jawabannya, mari terus baca artikel ini sampai selesai!!

Sebelumnya perlu kita pahami ukuran meja pingpongnga dulu yuk.

Panjang meja adalah 274 cm, lebar 1525 cm dan tinggi 76 cm dari permukaan tanah. Luas meja standar internasional adalah 4,1785 meter persegi dengan ketebalan meja 3 cm. Sedangkan panjang net 783 cm dan tingginya 15,25 cm. Garis samping meja berwarna putih lebar 2 cm dan panjang tepinya 274 cm. Garis ujung berwarna putih lebar 2 cm dan panjang setiap tepinya 1525 cm.

Dengan kata lain untuk memudahkan pemahaman kita, panjang meja adalah 274 cm dan lebar meja 1525 cm.

Pernah saya tulis sebelumnya, bahwa permukaan atas meja sebagai permukaan permainan dibatasi oleh garis putih 2 cm disetiap sisinya, serta garis putih 3 mm  di tengah ditambah tepi atas. Namun sisi vertikal bukan merupakan bagian dari permukaan permainan.

Bola dianggap masuk jika bola mengenai atau menyentuh permukaan permainan dan atau menyentuh garis putih. Jika bola membentur sisi vertikal/ samping meja berarti bola dinyatakan keluar.

Sekarang kita jadi lebih paham bahwa garis putih merupakan bagian dari permukaan permainan, dan biasanya tidak menimbulkan masalah apapun dalam permainan.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/08/apa-definisi-bidang-meja-permainan.html?m=1

Masalah utama biasanya muncul ketika kita perlu memutuskan apakah bola telah mengenai tepi atas permukaan permainan atau sisi vertikal meja.

Meskipun sudah kita pahami bahwa tepi atas adalah bagian dari permukaan permainan dan sisi vertikal bukan, tetapi sangat sulit untuk memutuskan bahwa bola menyentuh tepi atas atau sisi vertikal. Hal ini karena ada dua versi menurut para pemainnya.

Wasit sebagai pengadil pertandingan harus pandai menganalisis kejadiannya. Menerapkan ilmu fisika sangat membantu dalam memutuskannya, yaitu dengan memperhatikan jalur terbang bola sebelum dan sesudah menyentuh meja.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/08/prinsip-fisika-dalam-permainan-tenis.html?m=1

Jika kita berpikir dengan logika dan ilmu fisika tentang hukum gravitasi, akan banyak membantu kita dalam memecahkan banyak kasus yang terjadi.

Bola mengenai tepi atas meja= masuk, sedangkan Bola mengenai sisi vertikal= out

Jika bola dipukul dari area bawah permukaan permainan dan bola tidak melewati permukaan permainan sebelum menyentuh meja, hampir pasti bola menyentuh sisi vertikal dan keluar.

Pada keadaan seperti itu, cara terbaik untuk memutuskan apakah bola menyentuh tepi atas atau sisi vertikal adalah dengan memperhatikan pantulan bola setelah menyentuh meja.

Jika bola memantul ke arah atas setelah menyentuh meja, maka masuk akal untuk diasumsikan bahwa bola tersebut pasti menyentuh tepi atas dan dapat dinyatakan bola masuk. 

Dan jika bola memantul ke arah bawah, besar kemungkinan karena menyentuh sisi vertikal meja dan dapat dinyatakan bola keluar.

Sangat penting bagi pemain tenis meja untuk memahami peraturan permainannya agar tetap dapat menjaga konsentrasi selama menjalani pertandingan.


Semangat sehat dan salam 🏓




Tidak ada komentar:

Posting Komentar