Cari Blog Ini

Rabu, 27 September 2023

Memilih Set Up Bet Pingpong

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Bermain tenis meja tidak bisa lepas dengan yang namanya bet / blade. Alat pemukul tenis meja ini menjadi barang yang paling banyak dibicarakan oleh para pemain dengan berbagai persepsi. Selain sangat penting bet juga sangat mempengaruhi performa permainan bagi pemakainya.

Senjata atau bet dengan karakter komplit seperti putaran tinggi untuk spin, kencang dan masukan buat smash, tajam buat chop, dan kontrol buat blok sangat ingin dimiliki oleh pemain. Namun bet dengan karakter komplit seperti itu saya rasa tidak pernah ada. Kita hrs lebih memprioritaskan mana yang lebih kita butuhkan dan sesuai dengan karakter bermain dan fisik kita.

Pemain dengan karakter menyerang / offensive misalnya, harus memakai kayu dan karet yang berembel-embel off+ atau bahkan Off+++ .? Tidak juga, karena pemain semakin offensive semakin membutuhkan kontrol yg baik.

Apakah senjata pingpong tambah mahal harganya akan lebih baik bagi si pemain?Tidak selalu lebih mahal itu akan membuat permainan kita menjadi lebih baik. Tingkatkan saja keterampilan kita, kemudian carilah kayu dan karet yang sesuai dengan karakter dan gaya bermain kita.

Menentukan bet yang akan kita pakai banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain tingkat keterampilan,bakat dan faktor-faktor lain spt fisik (umur, berat badan, reflek, ketajaman mata dll) sangat direkomendasikan sebagai pertimbangan dalam memilih penggunaan bet. 

Contoh jika mulai belajar pada usia 50 tahun, bobot 90 kg, reflek dan mata sudah kurang bagus, mau belajar spin layaknya pemain muda, sepertinya tidak realistis. Daripada bermain tetapi kehabisan napas karena terkuras, mending bermain happy mengandalkan okol dengan memakai "bintik racun" misalnya ketimbang bermain menghabiskan fisik yang dapat mengakibatkan kelelahan berlebih atau fatigue.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2021/07/kelelahan-berlebih-fatigue.html?m=1

Pemilihan handle / gagang bet yg pas merupakan faktor penting yg sering diabaikan. Selain memperhatikan spesifikasi speed dan control, salah satu faktor yang tidak boleh diabaikan adalah handle bet, karena akan berpengaruh terhadap kenyamanan genggaman tangan kita.

Tetap semangat berlatih untuk mengasah keterampilan, sehingga kita bisa menguasai set up bet yang kita punya, bukan malah sebaliknya.   


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar