Cari Blog Ini

Kamis, 07 September 2023

Kapan Hari Tenis Meja Sedunia Diperingati?

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Tenis meja atau pingpong bukan sekedar permainan keterampilan, tetapi bisa menjadi media perubahan di masyarakat, sebagai pemersatu bagi orang-orang dan memberi tujuan bersama yang damai dan menyenangkan tentunya. 

Bermain tenis meja merupakan cara yang sehat untuk menghabiskan waktu luang dan membantu mempersatukan banyak orang, menjadikannya pintu gerbang menuju inklusi sosial. Tenis meja adalah olahraga yang dapat dinikmati oleh siapapun, sehingga memungkinkan orang dari berbagai latar belakang, jenis kelamin, usia dan keterampilan yang berbeda untuk memainkannya bersama-sama. Tidak hanya menyenangkan, tenis meja juga merupakan olahraga kompetitif yang dapat membuahkan prestasi jika ditekuni secara serius.

Bermain sudah, bersenang-senang dengan tenis meja juga sudah. Tetapi tahukah kalian kapan tenis meja mulai ada?

Tenis meja diklaim ada atau diadakan sejak tahun 1901. Saat itu perwira militer Inggris memainkannya saat berada di India, dan kemudian membawanya pulang ke Inggris. Berawal menggunakan bola golf dan buku sebagai alat pemukulnya, melalui berbagai inovasi tiada henti akhirnya terciptalah tenis meja seperti sekarang.
Dahulu populer dengan istilah 'ping-pong' melalui perusahaan bisnis J. Jacques & Son Ltd dan menjadi merk dagang pada tahun 1901.

Pada tahun yang sama, seorang penggemar Tenis Meja asal Inggris James W. Gibb, dalam perjalanannya menuju Amerika dapat mengidentifikasi bola seluloid yang lebih cocok untuk bermain pingpong. Kemudian EC Goode menyusul menciptakan raket modern di tahun 1901 juga. Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 1902, banyak diadakan turnamen sebelum kejuaraan global tidak resmi dimulai.

Terdapat beberapa badan organisasi pingpong didirikan pada tahun 1926. Asosiasi Ping-Pong, Asosiasi Tenis Meja, didirikan pada tahun 1926. Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF) juga didirikan pada tahun yang sama dan hingga saat ini menjadi badan pengatur tertinggi olahraga tenis meja. 

ITTF mendeklarasikan Hari Tenis Meja Sedunia pada tahun 2015 untuk membangkitkan minat masyarakat terhadap olahraga kompetitif ini, dan insan tenis meja dunia memperingati setiap tanggal 6 April setiap tahunnya. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/05/legenda-tenis-meja-indonesia.html?m=1

Melansir dari situs National Today, peringatan hari tenis meja sedunia yang jatuh setiap tanggal 6 April ini merupakan bentuk apresiasi terhadap olahraga ini yang dianggap menjadi salah satu pemersatu beragam lapisan masyarakat dari berbagai kalangan dan usia.

Peringatan Hari Tenis Meja Sedunia 6 April:
tahun 2024 akan jatuh pada hari Sabtu,             
tahun 2025 akan jatuh pada hari Minggu,           
tahun 2026 akan jatuh pada hari Senin,             
tahun 2027 akan jatuh pada hari Selasa, dan     
tahun 2028 akan jatuh pada hari Kamis.

Tenis meja untuk dimainkan oleh "semua'. Istilah 'SEMUA' mewakili inklusi tanpa memandang usia, jenis kelamin, status sosial, tradisi, dan kemampuan fisik.



Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar