Cari Blog Ini

Jumat, 29 September 2023

Attitude (sikap) dan Aptitude (bakat) Penting bagi Atlet Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Untuk menjadi atlet tenis meja sukses, penting dan wajib memiliki sikap dan bakat yang seimbang. Keduanya merupakan elemen kunci dalam kehidupan, termasuk bagi atlet tenis meja.

Sikap atau attitude berkaitan dengan penilaian pribadi dan disposisi secara kuantitatif. Sikap dapat dinilai dengan "baik, cukup baik dan sangat baik".

Sedangkan bakat atau aptitude berkaitan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dapat dipelajari.

Mana yang lebih penting, sikap atau bakat?Tidak ada yang lebih penting, alias sama-sama penting dan tidak bisa dipisahkan..

Untuk menuju sukses, seorang atlet harus memiliki sikap dan bakat yang positif. Nah, pembinaan membutuhkan itu semua. Bukan hanya yang terampil dalam melakukan spin, bagus dalam bertahan dan sebagainya. Tidak cukup sampai disitu, harus punya mental dan attitude yang baik.

Permainan yang indah, pukulan yang penuh gairah, dan semangat juang tinggi akan memotivasi banyak orang untuk lebih tekun bermain tenis meja, sehingga akan berdampak positif terhadap tim.

Dalam pertandingan ada kalanya kita mengalami kekalahan, dan sikap dewasa dibutuhkan untuk menyikapinya. Pencapain r prestasi tidak pernah lepas dari perjuangan, dan belajar dari kekalahan itu penting.

Atlet yang mempunyai attitude (sikap) yang baik akan menjaga sportifitas baik di dalam maupun di luar lapangan pertandingan. Ketika seorang atlet tetap menunjukkan attitude yang baik saat dia terbukti dicurangi atau diperlakukan dengan tidak adil, hal ini pasti akan membuat orang-orang di sekitarnya berdecak kagum dan mengakui dirinya sebagai atlet yang hebat, terlepas dari pencapaian yang diraihnya.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/07/ketagguhan-mental-tidak-penting-dalam.html?m=1

Sikap mental yang harus dimiliki oleh setiap atlet (apapun levelnya) adalah menjunjung sportifitas, siap menang dan siap kalah serta mempunyai attitude yang baik.


Semangat sehat dan salam 🏓










Tidak ada komentar:

Posting Komentar