Cari Blog Ini

Kamis, 21 September 2023

Strategi Memenangkan Pertandingan Tenis Meja

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Memenangkan pertandingan dalam suatu pertandingan adalah menjadi hal penting dari setiap pemain tenis meja, tetapi merencanakan kemenangan itu sendiri jauh lebih penting.

Apa saja yang bisa kita rencanakan untuk dapat memenangkan pertandingan selain melakukan latihan rutin?

Pertama yang harus kita rencanakan sebelum berangkat mengikuti pertandingan/ turnamen adalah mempersiapkan peralatan tenis yang akan kita bawa. Bagaimana jika karet menggelembung atau bet patah selama dalam pertandingan? Apakah kita mempunyai cadangan di tas? 

Sebagai seorang pemain, kita harus memikirkan hal seperti ini yang mungkin saja bisa terjadi. Selalu siapkan satu bet cadangan serupa yang siap untuk main. 

Mengeluh ketika gagal mendapatkan poin bukanlah hal yang bijak, karena kita akan menjadi lebih tegang dan gelisah. Bermental positif, jangan sia-siakan waktu antar poin yang sangat singkat namun sangat berharga.  Pikirkan langkah selanjutnya bagaimana mengamankan pukulan kita agar menjadi peluang menghasilkan poin. 

Di turnamen skala yang lebih besar, ada beberapa pemain baru yang belum pernah kenal sebelumnya. Jika akan melawan pemain yang belum kita kenal, sempatkan intip kekuatan lawan untuk mengamati permainannya sebelum berhadapan dengan kita. Lakukan analisis sederhana kekuatan dan kelemahannya, dengan demikian kita akan mempunyai gambaran bentuk rencana permainan. 

Saat break atau selang waktu antar game, mintalah nasihat pelatih. Seorang pelatih menjadi harapan terbaik untuk membantu menganalisis rencana permainan atau membuat saran untuk memperbaiki permainan. Blind spot pada diri kita saat bermain hanya orang lain yang bisa melihat, peran ini akan diambil oleh pelatih.

Jangan membuat kita terpuruk secara mental.  Semangati diri sendiri, gunakan kalimat-kalimat seperti, “Aku bisa!” atau “Ayoo!” sesaat setelah mendapatkan satu poin untuk memompa mempertahankan semangat tetap tinggi. 

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/07/ketagguhan-mental-tidak-penting-dalam.html?m=1

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/09/apakah-mental-bermain-tenis-meja-dapat.html?m=1

Karena tenis meja adalah salah satu olahraga paling cepat cara memainkannya, bermain menyerang secara agresif menjadi paling dominan/ dapat menguasai permainan. Pemain pertama yang menyerang mempunyai keuntungan yang lebih besar. Jangan menjadi pasif dan berharap lawan akan melakukan kesalahan sendiri, tetapi inilah waktu yang tepat untuk merebut poin dan meraih kemenangan.

Jangan biarkan bola menyentuh lantai tanpa suatu ayunan jika kita pada situasi out position, kejar dan pukul bolanya. Usaha untuk mengembalikan bola di luar jangkauan kita akan mengarah pada refleks lebih cepat. Jangan memberikan poin cuma-cuma kepada lawan, bermain dengan gigih akan dapat menciptakan peluang mendapatkan poin. 

Saat pada posisi poin kritis seperti halnya terjadi deuce 10-10, cobalah bermain rileks, serang lawan ke bagian yang kita anggap titik lemahnya, dorong dengan penempatan yang baik.

Selalu lakukan evaluasi untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan bermain tenis meja.


Semangat sehat dan salam 🏓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar