Cari Blog Ini

Selasa, 26 September 2023

BLOK COUNTER dan PLACING pada TENIS MEJA

Jan-Ove Waldner 

Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Agar kita tidak diserang terus menerus oleh lawan, kita wajib menguasai strategi bertahan paling dasar, yaitu blok (block). Blok tergolong dalam taktik bertahan yang menggunakan jarak cukup dekat dengan meja.

Melakukan teknik blok tidak banyak mengeluarkan tenaga, karena tenaga yang kita gunakan menggunakan tenaga lawan. Pukulan blok tergantung seberapa kencang atau kuat serangan dari lawan, kita tinggal memanfaatkannya. 

Penggunaan teknik blok cukup efektif dilakukan ketika lawan berada jauh dari meja. Blok berguna untuk memperlemah, menyerap, dan mengurangi tenaga pada pantulan bola lawan.

Karena tenis meja mengedepankan serangan bola-bola cepat, tidak banyak pilihan pertahanan. Salah satunya teknik blok, yang sangat kuat untuk menghalau serangan yang datang secara bertubi-tubi. Namun akan menjadi kurang efektif apabila kita tidak bisa melakukan serangan balik.

Setelah menguasai teknik blok dengan baik, selanjutnya kita harus menguasai agar blok yang kita miliki dapat kita manfaatkan menjadi serangan balik (counter) yang sulit diantisipasi oleh lawan. Bagaimana caranya?

Berlatih kuda kuda dengan baik agar kita lebih siap dalam memukul bola maupun mengantisipasi setiap pukulan lawan. Setiap pukulan lawan harus diperhatikan sehingga arah putaran bolanya dapat diketahui. Kita juga harus membuat keputusan cepat sebelum melakukan pukulan apa yang tepat dalam permainan, pukulan top spin, side spin ataupun back spin / chop.

Teknik blok counter akan menjadi pukulan mematikan jika barengi dengan penempatan bola (placing) yang akurat ke titik lemah lawan.

Placing yaitu penempatan bola, tidak hanya sekedar nge-blok tapi juga pandai mengarahkan bola pantulan ke titik yg susah dijangkau lawan. 

Salah satu atlit yg punya keahlian dalam blok counter & placing adalah Jan-Ove Waldner. mantan pemain tenis meja Swedia. Dia sering disebut sebagai Mozart-nya tenis meja dan secara luas dianggap sebagai salah satu legenda tenis meja terbaik sepanjang masa.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/02/belajar-blok-tenis-meja.html?m=1

Tetap semangat berlatih untuk mengembangkan keterampilan diri. Bermain menyerang bukan satu-satunya cara memenangkan pertandingan, tetapi dengan pertahanan dengan blok counter dan placing yang baik juga dapat menjadi senjata yang mematikan, sehingga skill ini menjadi signifikan dan efektif untuk dapat diandalkan dalam perolehan poin.


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar