Cari Blog Ini

Rabu, 20 September 2023

Spons Tebal atau Spons Tipis (Set Up Tenis Meja)


Oleh: Kasmono Monex, penggemar hidup sehat



Olahraga yang memperhatikan peralatannya secara teliti bagi pemainnya adalah tenis meja. Bagaimana tidak? Kayu pemukulnya saja banyak sekali jenis dan variannya, belum lagi bermacam karetnya. Berbagai karakter dan kegunaan kayu dan karet (baca: bet), kadang membuat galau pemainnya yang selalu ingin menyempurnakan performa permainannya. Karet licin spons tebal, spons tipis, anti spin/ power, bintik (panjang, medium dan pendek).

Perlu kita ketahui bersama bahwa alat tersebut hanyalah sebagai pendukung keterampilan kita dalam bermain, tetapi memang perannya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kita harus tahu karakter bermain diri kita sendiri, baru menentukan set up seperti apa yang cocok. Jangan memaksakan diri menggunakan alat yang kontra dengan gaya bermain kita, misalnya kita sebagai pemain offensive tetapi gara-gara melihat pemain lain pertahanannya bagus lantas mencoba alat yang peruntukannya defensive.

Mana yang kira-kira cocok dengan karakter permainan kita? Saya akan sedikit mengulas mengenai perbedaan karet yang menggunakan spons tebal dan karet yang menggunakan spons tipis yang saya pahami.

Karet tebal ini biasanya mempunyai ketebalan spons 2.0mm - 2,2mm (yang lazim digunakan).  Jika kita membeli di toko olahraga bisa kita lihat dibagian cover dan belakang spons, biasanya tertera angka ketebalan dari spons itu.

Memukul bola dengan karet spons tebal akan menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi dan menghasilkan spin/putaran lebih tinggi, namun kurang memiliki kendali/kontrol dibandingkan dengan karet spons tipis.

Jika pemain yang menggunakan karet tebal sudah dapat mengontrol bola dengan baik , maka pemain tersebut akan menjadi lawan yang sulit dikalahkan, karena pukulan smash atau spinnya menghasilkan speed yang tinggi yang sulit dikembalikan oleh lawan

Bagaimana dengan karet spons tipis?Memukul bola menggunakan spons tipis akan menghasilkan kecepatan dan putaran yang kurang/slow, namun jika kita sudah pandai menggunakannya spons tipis ini sangat efektif sekali untuk putaran backspin (chop), memiliki kendali/kontrol yang baik terhadap permainan.

Karet spons tipis lebih cocok dipakai oleh pemain bertahan/defensive atau pemain pemula, biasanya meneiliki ketebalan antara 0.5mm - 1.5mm.

Apa alasan mengapa seorang pemain menggunakan karet dengan spons tipis? Ada yang karena ingin menutupi kekurangannya pada sisi backhand, ada pula yang ingin bermain dengan full kontrol, ada juga yang memang sengaja karena sebagai pemain defensive dengan tujuan untuk melakukan chop bola tanpa kehilangan kontrol, untuk pemain chopper yang sudah mahir maka akan lebih suka menggunakan karet yg lebih tipis. Spons tipis juga biasa digunakan oleh pemain yang menggunakan karet bintik bertahan / anti power.

Oh iya, kualitas kecepatan dan putaran yang ditimbulkan baik dari karet dengan spons tebal maupun tipis tergantung juga dari  blade/kayu yang digunakan. Sebagai contoh,  jika karet tipis di gunakan pada blade yg menggunakan tambahan material seperti karbon, fiberglass, seratkaca, dll., maka karet spons tipis ini bisa menghasilkan kecepatan yang lebih dibandingkan dengan blade/kayu flexibel tanpa tambahan material.

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/karet-tenis-meja-spons-tebal-maximum.html?m=1

Baca juga: https://kasmonomonex.blogspot.com/2023/01/dampak-karet-spons-tipis-19-mm-ke-bawah.html?m=1

Tetap semangat berlatih meningkatkan keterampilan tangan dalam bermain, selanjutnya barulah kita menentukan set up yang cocok dengan karakter bermain kita supaya performa permainan menjadi lebih baik .


Semangat sehat dan salam 🏓


Tidak ada komentar:

Posting Komentar